IPOL.ID – Alfamart kembali menggelar program Warteg Gratis Alfamart pada Ramadan 1446 Hijriah. Sebuah inisiatif yang bukan hanya sekadar kegiatan berbagi, tetapi memiliki dampak sosial dan ekonomi yang lebih luas.
Sejak kali pertama diluncurkan pada tahun 2021, program tersebut telah membagikan lebih dari 100.000 paket berbuka puasa kepada kaum dhuafa dari Sabang sampai Merauke. Akan bertambah 54.000 lagi yang disalurkan selama Ramadan tahun 2025 ini.
Berbeda dengan program donasi makanan yang biasanya hanya berfokus pada penerima manfaat, Warteg Gratis justru menjadi program berkelanjutan dengan memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Warteg.
Di tahun 2025 ini, Alfamart dan Alfagift didukung WINGS Group melalui produk-produk unggulannya seperti Top Coffee, Kecap Sedaap, Mama Lemon dan Ciptadent serta Bank Aladin Syariah, menyalurkan sebanyak 54.000 paket berbuka puasa gratis di 36 titik kabupaten dan kota tersebar di Indonesia. Paket berbuka puasa gratis dibagikan satu bulan penuh mulai 1-30 Maret 2025.
“Yang membuat Warteg Gratis Alfamart berbeda dari CSR pada umumnya adalah konsepnya tak hanya memberi manfaat bagi penerima, tapi juga bagi pelaku usaha kecil, khususnya pemilik warteg atau rumah makan sederhana. Warteg Gratis merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat membutuhkan, terutama bulan penuh berkah ini,” terang Corporate Communication General Manager Alfamart, Rani Wijaya, pada Selasa (11/3/2025).
Rani mengungkapkan, sejak pertama kali diluncurkan di tahun 2021, Warteg Gratis Alfamart telah menjadi program yang sangat berarti bagi banyak orang.
Harapannya bisa berbagi dengan lebih banyak masyarakat yang membutuhkan, terutama dengan dukungan dari Wings Group dan Bank Aladin Syariah, dia berharap program ini dapat terus berjalan dan memberikan manfaat lebih besar setiap tahunnya.
“Kami ingin program CSR yang kami jalankan tak hanya memberi manfaat sesaat, tapi juga memiliki dampak jangka panjang. Warteg Gratis adalah salah satu contoh bagaimana kami bisa membantu kaum dhuafa sekaligus memberdayakan UMKM agar tetap berkembang,” ujarnya.
Sebagai pendukung eksklusif dari program Warteg Gratis ini, WINGS Group turut mendukung keberlanjutan program dengan menyediakan berbagai produk kebutuhan warteg.
Head of Corporate Communication & CSR WINGS Group, Sheila Kansil mengatakan, keterlibatan mereka dalam program ini sejalan komitmen perusahaan untuk menyediakan kebaikan dapat dijangkau seluruh masyarakat agar tercipta kehidupan lebih baik (Life Keeps Getting Better).
“Kami bangga bisa berkontribusi melalui produk-produk berkualitas seperti TOP Coffee, Kecap Sedaap, Mama Lemon, dan Ciptadent untuk mendukung operasional warteg dalam program ini. Kami percaya Ramadan adalah momen terbaik untuk berbagi. Karena itu, WINGS Group turut berpartisipasi dalam program ini guna memastikan setiap paket makanan dibagikan di Warteg Gratis memiliki kualitas terbaik, lengkap dengan bahan-bahan dan perlengkapan yang kami produksi,” ujar Sheila.
WINGS Group juga percaya bahwa keberlanjutan bisnis harus sejalan dengan kepedulian terhadap masyarakat. Dengan berpartisipasi dalam program Warteg Gratis ini, sambungnya, WINGS Group tak hanya membantu kaum dhuafa mendapatkan makanan berbuka, tetapi juga mendukung UMKM warteg agar tetap bertahan dan berkembang.
“Tentunya, kami berharap program ini bisa memberikan kebahagiaan bagi mereka yang berbuka puasa,” tukasnya.
Dukungan senada disampaikan Koko Tjatur Rachmadi, Presiden Direktur Bank Aladin Syariah. Dia menjelaskan bahwa Bank Aladin Syariah senantiasa berinovasi memberikan layanan perbankan syariah terbaik bagi masyarakat.
Dukungan kami terhadap program Warteg Gratis ini merupakan salah satu bentuk aksi berbagi dengan sesama dalam menciptakan dampak sosial positif yang menumbuhkan kepedulian sosial di masyarakat.
“Kolaborasi antara Bank Aladin Syariah, Alfamart, dan Wings Group dalam program Warteg Gratis ini merupakan bukti nyata kolaborasi positif antara berbagai sektor untuk menciptakan dampak sosial berkelanjutan. Semoga inisiatif ini dapat memberikan keberkahan bagi seluruh masyarakat, khususnya di bulan suci Ramadan,” tambahnya.
Berbeda dengan program donasi makanan yang biasanya hanya berfokus pada penerima manfaat, Warteg Gratis Alfamart justru menjadi program berkelanjutan dengan memberdayakan UMKM Warteg.
Bagi kaum duafa, program ini jelas menjadi solusi bagi mereka yang membutuhkan makanan berbuka puasa secara gratis. Namun, bagi pemilik warteg, program ini menjadi peluang besar.
Sementara, Syarif, pemilik warteg di Ciputat, Tangerang Selatan yang ikut serta dalam program ini, mengaku senang bisa menjadi bagian dari Warteg Gratis.
“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih karena sudah diajak dalam program ini, Selain bisa membantu banyak orang, program ini juga sangat meringankan beban kami sebagai pemilik warteg. Alfamart dan Wings Group serta bank Aladin sangat memberikan dukungannya, sehingga kami bisa menyediakan makanan berkualitas tanpa harus khawatir tentang biaya,” kata Syarif.
Sementara itu, salah seorang penerima manfaat, Alfian Ojek Online, mengungkapkan rasa syukurnya.
“Terima kasih kepada Pak Syarif, karena sempat penasaran dilihat dari kejauhan ternyata ada yang membagikan paket nasi untuk berbuka puasa. Terima kasih juga kepada Alfamart dan Wings, semoga berkah puasa tahun ini untuk kita semua,” tutup Alfian. (Joesvicar Iqbal)
54.000 Paket Berbuka di 36 Kota, Warteg Gratis Alfamart dan WINGS Group Temani Kaum Dhuafa di Ramadan 2025
