IPOL.ID – TelkomGroup terus berupaya mempercepat transformasi digital di Indonesia dengan mengintegrasikan lebih banyak bisnis ke dalam platform digital untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.
Sebagai bagian dari inisiatif ini, TelkomGroup berencana mengimplementasikan LlaMa, model AI open-source canggih dari Meta, ke dalam chatbot pelanggan untuk segmen Enterprise. Integrasi ini akan memungkinkan bisnis menghadirkan pengalaman yang lebih interaktif dan personal bagi pengguna yang berkomunikasi melalui WhatsApp. Saat ini, Veronika, chatbot Telkomsel, telah tersedia di WhatsApp untuk layanan penjualan dan dukungan pelanggan. Ke depannya, chatbot ini akan ditingkatkan dengan teknologi LlaMa agar dapat memberikan layanan yang lebih responsif dan dipersonalisasi bagi pengguna.
CEO Telin Budi Satria Dharma Purba menyatakan, “Integrasi LlaMa dari Meta ke dalam platform kami merupakan langkah strategis dalam pengembangan solusi teknologi. Telin berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan telekomunikasi, baik di tingkat domestik maupun global. Kami akan mendukung inisiatif ini melalui platform Telin WhatsApp for Business untuk NeuAPIX (Platform Komunikasi Berbasis Cloud sebagai Layanan (CPaaS) dari Telin).”