IPOL.ID – Pasar bagi UMKM ibarat jantung bagi tubuh, mengalirkan peluang, pelanggan, dan pendapatan yang menjadi sumber kehidupan bagi pertumbuhan bisnis. UMKM membutuhkan pasar yang inklusif, stabil, dan terjangkau agar mereka dapat bersaing secara sehat dalam mendapatkan akses ke pelanggan yang lebih luas.
Idealnya, pasar tersebut juga mendukung keberlanjutan dengan menyediakan peluang untuk memperluas jangkauan dan akses terhadap teknologi dalam satu ekosistem yang terpadu. Ekosistem semacam inilah yang ingin dihadirkan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui platform digital unggulannya Pasar Digital (PaDi) UMKM.
PaDi UMKM merupakan marketplace yang dirancang oleh Telkom untuk mendukung pertumbuhan pelaku UMKM dengan menyediakan akses pasar yang lebih luas, khususnya dari segmen BUMN dan perusahaan swasta.
PaDi UMKM tidak hanya menjadi tempat untuk memasarkan produk dan jasa, lebih jauh juga mengintegrasikan teknologi digital yang mempermudah proses transaksi, mempercepat pembayaran, dan meningkatkan transparansi. Dengan memanfaatkan PaDi, pelaku usaha dapat menjangkau pelanggan korporasi besar, mengelola pesanan dengan efisien, dan mengoptimalkan peluang bisnis.