IPOL.ID – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) meluncurkan aplikasi TJ: Tranjakarta, sebagai bentuk apresiasi terhadap pelanggan. Aplikasi ini juga sebagai bentuk transformasi digital berdasarkan customer-driven strategy yang mengutamakan kepuasan pelanggan.
“Kami sangat mengapresiasi pelanggan Transjakarta atas kepercayaan yang diberikan untuk terus setia menggunakan layanan Transjakarta,” ujar Welfizon Yuza, Direktur Utama Transjakarta saat launching bertema Hero Serves Hero di Jakarta pada Rabu (18/9/2024).
Aplikasi terbaru ini dapat diunduh di perangkat Android dan iOS. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur unggulan, seperti pelacakan bus secara real-time, informasi rute dan jadwal, serta pembelian tiket secara online. Dengan aplikasi ini, pelanggan dapat merencanakan perjalanan mereka dengan lebih efisien dan nyaman.
Welfizon juga menerangkan, penyediaan transportasi publik yang baik kuga merupakan bahian dari tujuan Jakarta menjadi competitive global city. “Kami ingin Jakarta sejajar dengan kota-kota internasional lainnya,” tegasnya.
Menurut Dirut Transjakarta, ada lima aspek agar Jakarta bisa menjadi kota global yang kompetitif. Yakni 1.Aspek aktivitas bisnis; 2. Human capital yakni menarik ekspatriat; 3. Information exchange yakni keterbukaam informasi layanan; 4 Cultural experience dan 5. Political engagement.
Senada, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretariat Daerah Pemprov DKI Jakarta, Sri Haryati menegaskan pemprov Jakarta menargetkan Jakarta menjadi top 20 Competitive Global City pada 2045. Saat ini Jakarta masih di rangking 70-an. “Kami terus berkomitmen menjadikan Jakarta sebagai kota global salah satunya dengan menyokong dari sisi anggaran,” ujarnya.
Pemprov DKI Jakarta sendiri saat ini sudah mensubsidi PT Transportasi Jakarta sebesat RP3,9 triliun atau 4,6 persen dari total anggaran APBD.
Hero Serves Hero
Pada bagian lain, Welfizon Yuza mengatakan gelaran ini juga sebagai bagian dari puncak acara Hari Pelanggan Nasional 2024. “Hero Serves Hero, adalah ajang untuk mengapresiasi kepercayaan pelanggan setia yang menggunakan layanan Transjakarta,” tambah Welfizon.
Pelanggan Transjakarta, lanjutnya, terus mengalami peningkatan. Sepanjang tahun 2023, jumlah total pelanggan Transjakarta mencapai 285 juta pelanggan. Sementara di tahun 2024, Transjakarta telah melayani lebih dari 1,3 juta pelanggan per harinya.
Ajang Hero Serves Hero merupakan bentuk apresiasi Transjakarta kepada pelanggan setianya yang terdiri dari perwakilan berbagai komunitas pengguna Transjakarta, seperti UMKM, pekerja kantoran, pelajar, pelanggan disabilitas, lansia dan beberapa komunitas pecinta transportasi umum.
Pada kesempatan yang sama, Transjakarta juga menerima bantuan CSR dari Astra Toyota Motors, berupa 1 (satu) unit kendaraan Transcares untuk menambah layanan Transjakarta kepada pelanggan disabilitas.
Sebagai bentuk kepedulian terhadap pelanggan disabilitas,Transjakarta selama ini telah menyediakan fasilitas yang ramah disabilitas baik di halte maupun di armadanya. Transjakarta memiliki 26 unit Transjakarta Cares, yang dirancang khusus untuk pelanggan disabilitas.
Ekosistem Transjakarta berkomitmen untuk mengintegrasikan keberlanjutan di setiap sudut layanan, melalui kerangka program berkelanjutan Transjakarta Bersih, Berdaya, dan Bestari. Bersih: layanan transportasi yang bersih dan memperhatikan dampak lingkungan. Berdaya: pemberdayaan ekonomi lokal untuk tumbuh bersama Transjakarta. Dan Bestari: penyediaan ruang yang inklusif di dalam ekosistem Transjakarta.
Sebagai informasi, Transjakarta telah mencapai berbagai milestone penting sebagai bentuk komitmennya dalam meningkatkan kualitas layanan. Transjakarta telah mengoperasikan 4.370 armada bus dan 2.968 mikrotrans di tahun 2024.
Transjakarta juga telah memperluas jangkauan layanannya dengan membangun 14 Koridor dengan total panjang koridor yang mencapai 409 kilometer, menjadikannya salah satu sistem Bus Rapid Transit (BRT) terpanjang di dunia. Total jumlah rute yang telah dilewati layanan Transjakarta adalah 257 rute. Artinya, 89% dari total luas wilayah DKI Jakarta telah terlayani oleh Transjakarta. (tim)