IPOL.ID – Sepanjang Oktober 2022, PT Danpac Pharma melalui merek alat kontrasepsinya, VIVO, menggelar pameran seni bertajuk Hotel for Play #SensationalExperience di Lotte Shopping Avenue, Jakarta. Pameran ini merupakan respons dari VIVO atas tingginya angka pengidap HIV di Indonesia yang menurut data Kementerian Kesehatan.
Dalam siaran pers yang diterima redaksi ipol.id akhir pekan lalu, Kemenkes merilis hingga Juni 2022, total pengidap HIV/AIDS mencapai 519.158 orang. “Menilik data tersebut karenanya melalui pameran ini, VIVO berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya penggunaan alat kontrasepsi guna mencegah penyakit menular seksual,” ujar CEO PT Danpac Pharma, Yoevan Wiraatmaja.
Tak hanya pameran seni, VIVO juga menunjukan komitmennya dalam pengentasan isu HIV dengan menjadikan kampanye sosial #PlaySafe dari Asian Medical Students’ Association -Indonesia (AMSA-Indonesia) sebagai bagian dari rangkaian Hoter for Play. Kampanye ini digelar lewat aplikasi Campaign #ForChange, sebuah platform aksi sosial dari Campaign.com, yang memudahkan penggunanya untuk mendukung kampanye sosial tanpa perlu mengeluarkan uang.
Lebih jauh Yoevan Wiraatmaja, CEO PT Danpac Pharma memaparkan bahwa kolaborasi bersama AMSA-Indonesia dan Campaign.com ini merupakan salah satu usaha VIVO untuk memperluas dampak positif yang ingin diciptakan melalui Hotel for Play.
Alisha selaku Liaison Officer for Non-Governmental Organization AMSA-Indonesia 2022/2023menuturkan, kampanye sosial #PlaySafe membawa pesan serupa dengan yang digaungkan VIVO. Menurutnya, edukasi mengenai kesehatan reproduksi dan seksualitas sering kali dianggap sebagai suatu hal yang tabu. Padahal, edukasi ini perlu disebarkan, salah satunya untuk mencegah penyebaran penyakit menular seksual, seperti HIV/AIDS yang cukup tinggi di Indonesia.
“Itupun juga yang menjadi salah satu alasan kami meluncurkan kampanye #PlaySafe. Kami harap kampanye ini dapat menjadi sarana edukasi mengenai kesehatan reproduksi dan seksualitas kepada masyarakat umum, sekaligus menjadi sarana penggalangan dana agar AMSA-Indonesia dapat terus melanjutkan program-programnya yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia,” jelas Alisha.
Untuk berpartisipasi dalam kampanye #PlaySafe, caranya sangat mudah. Siapapun bisa mengunduh aplikasi Campaign #ForChange baik melalui App Store atau Google Play Store, kemudian selesaikan tantangan yang terdapat di kampanye #PlaySafe dari AMSA-Indonesia. Setiap tantangan yang diselesaikan sesuai instruksi akan dikonversi menjadi donasi sebesar Rp50 ribu oleh VIVO untuk pendanaan program-program edukasi yang dilakukan AMSA-Indonesia. (timur arif)