indoposonline.id – Direktur Commercial Banking PT Bank HSBC Indonesia, Eri Budiono mengatakan program vaksinasi yang sedang dijalankan pemerintah memberikan momentum bagi pertumbuhan ekonomi. Trend ekonomi digital juga semakin tumbuh.
“Kita lihat selain perbankan digital, sektor lain seperti ecommerce, logistic, telecommunication, tower company, warehouse logistic akan tumbuh. Menarik memang sektor ecommerce ini mengingat pengguna kita kabarnya sudah melebihi populasi,” ujarnya di acara Diskusi Rountable PT Bank HSBC Indonesia, Trend Investasi dan Perbankan di Era Pasca Vaksinasi yang diselenggarakan Indonesia Economic Forum lewat Zoom Meeting, Selasa (9/3/2021).
Selain itu jelas Eri, adanya financial inclusion (laku pandai) memberikan peluang ke para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pemerintah ingin sekali membawa UMKM ini ke platform global.
“Kami sebagai bank yang punya international network juga terus melihat peluang ini. Dan kami ingin sekali membawa UMKM ke platform global tentunya banyak hal yang bisa kita bantu. Mulai dari bagaimana mereka menghandle dispute, mendesain virtual tokonya dengan bagus,” kata dia.
Lebih lanjut Eri mengatakan, trend perbankan digital khususnya di segmen corporate banking sudah naik pesat sejak pandemi. Ke depan, bank akan berlomba untuk melayani kliennya secara digital. Dan untuk ini, HSBC sendiri sudah siap dengan pemberlakuan remote working, flexible hours bahkan sampai moms hours.
Layanan lewat saluran digital akan terus diperkuat seiring dengan berkurangnya trend layanan brick and mortar (kantor cabang). HSBC melihat cost to serve akan jauh lebih rendah lewat saluran digital. Dari sisi kecepatan untuk memproses dan potensi untuk meminimalisir fraudnya pun lebih baik Bank dalam hal ini perlu berinvestasi agar memiliki sistem yang resilience dan tidak mudah diterobos para hacker.
Kalau dari sisi digital investment ada dua garis besar. Pertama kami sudah investasi banyak dan akan terus dilanjutkan ke depan. Makanya rasio WFH kami tinggi sekali di industry, di kantor pusat sudah di atas 90%, ini baru dari sisi backend. Di sisi frontend, kedepan bagaiman akami melayani customer tentu harus terus dikembangkan.
“Bukan hanya dalam hal bisa transaksi lewat mobile atau secara remote saja, tapi fitur lainnya semisal nasabah mau mengecek LC mereka sudah sampai mana kami bisa berikat tracking system, kami juga sedikan fasilitas pembayaran langsung ke banyak supkir, transaksi FX, buka LC, kirim atau transfer uang dan sebagainya,” jelas Eri.
Sementara itu, Edhi Tjahja Negara, Direktur Wealth & Personal Banking PT Bank HSBC Indonesia menambahkan, ekonomi digital Indonesia sangat menarik bagi investor. Dari sisi demograsi populasi sendiri, posisi Indonesia disbanding negara ASEAN lainnya seperti Singapura, Thailand dan Vietnam berbeda, dimana Indonesia memiliki bonus demograsi yang apabila dikelola dengan baik dalam 5 hingga 10 tahu ke depan akan menjadi mesin pertumbuhan ekonomi ke depan.
Dari studi yang dilakukan secara internal bertajuk Insight Customer 2050, didapati aka nada pertumbuhan signifikan dari low income ke middle income maupun upper class. Diperkiran akan ad alebih dari 120 juta penduduk Indonesia yang naik kelas dari tahun 2021 hingga tahun 2050 mendatang. Artinya segment wealth management akan prospective.
Potensi lain, adanya perubahan customer spending behavior yang biasanya offline menjadi online. Di satu sisi, leisure spending seperti travelling, liburan dan menginap di hotel turun signifikan. Juga adanya dopsi teknologi oleh semua lapisan masyarakat yang lebih cepat, yang semula diprediksi baru akan terjadi di tahun 2025, sudah terjadi hari ini.
“Semua potensi ini harus kita antisipasi saat situasi sudah normal bagaimana kesiapan kita terhadap trend kebutuhan yang baru. Sekarang orang –orang berbicara mengenai wealth, tapi tidak hanya mengenai sisi financially tapi juga yang health related,” jelasnya.
Landskapnya sudah berubah. Kita juga perlu mengantisipasi bagaimana kita memberi kemudahan ke konsumen untuk bertransaksi. Digital journey menjadi penting bagi setiap institusi.
“Bahkan menariknya adopsi teknologi untuk kelompok usia lansia di Indonesia meningkat. Mereka sudah terbiasa ikutan zoom. Artinya pola transaksi dan kebutuhan finansial mereka berubah (karena sudah jarang keluar rumah), yang tentu akan lebih banyak dilayani oleh saluran digital ke depannya,” kata Edhi.
Digital banking di HSBC sendiri meliputi dua aspek, sisi digital banking untuk customer daily transaction dan juga terkait digitalisasi semua proses penjulan wealth management. Mengingat saat ini makin banyak penduduk yang memikirkan financial planning, financial needs, financial goal and risk profile mereka, mau tidak mau ini semua harus dilayani lewat saluran digital. Itulah mengapa digital banking akan menjadi fokus dan kekuatan HSBC.
“Ada sebagian besar spending yang tidak dilakukan, yang tentunya dana ini pindah ke saving dan investment. Maka itu kita perlu memberikan financial advisory kepada msyarakat Indonesia, memberikan merek apilihan yang tepat dan benar. Ini menjadi fokus kami dan kami terus ride with momentum,” tambah Edhi.
Industri terkait seperti fintek, P2P, asuransi, produk pasar keuangan lainnya juga akan terus tumbuh bersama perbankan khususnya segment wealth management. Tren terakhir menunjukan pemain P2P lending, fintek dan asuransi digital di pasar modal terus bertambah selama pandemi, meski momentum pertumbuhannya mungkin baru akan terlihat di era pasca pandemi mengingat saat ini mereka maish menyesuaikan kondisi new normal.
“Jadi memang segmen millennial sangat potensial. Hari ini HSBC juga sedang menajamkan kembali proposisi kami dan terus meneksplore layanan digital yang sesuai dengan aspirasi mereka,” pungkasnya. (msb)