Penelitian KIC mengeksplorasi preferensi mereka dalam layanan digital. Mencakup belanja online, layanan pesan-antar makanan (food delivery), dan layanan pengantaran sembako (online grocery). Survei ini dilakukan di Jabodetabek dan tujuh kota besar lainnya.
Survei tersebut mengungkapkan 50 persen generasi Z memilih GrabFood sebagai penyedia layanan pesan-antar makanan yang paling sering mereka gunakan dalam tiga bulan terakhir, disusul GoFood (46 persen), ShopeeFood (tiga persen), dan Maximfood (kurang dari satu persen).
Sebanyak 50 persen responden mengatakan mereka telah menggunakan layanan pengiriman makanan online. Alasan mereka menggunakan layanan ini antara lain praktis, tidak sempat memasak, dan bosan dengan makanan rumahan.
“Menariknya, survei menemukan bahwa 44 persen pengguna pengantaran makanan gen Z adalah pengguna baru yang baru mulai menggunakan layanan ini selama pandemi, dan 90 persen dari mereka menyatakan bahwa mereka ingin untuk terus menggunakan layanan pengiriman makanan setelah pandemi,” kata Stevanny Limuria, saat peluncuran hasil riset ini beberapa waktu lalu.