IPOL.ID – Kabar gembira untuk peserta program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK). Dalam waktu dekat, peserta dapat mencairkan saldo Jaminan Hari Tua (JHT) hanya dalam satu hari.
”Mengajukan klaim JHT melalui aplikasi JMO (Jamsostek Mobile), ikuti prosedurnya, hari itu juga langsung cair selama seluruh berkas persyaratannya lengkap. Hanya satu hari saja, saldo JHT bisa cair dengan aplikasi JMO ini,” ungkap Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJAMSOSTEK Jakarta Ceger Cep Nandi Yunandar, di sela peringatan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) di Kantor Cabang BPJAMSOTEK Jakarta Ceger, Senin (6/9).
Menurut Cep Nandi, layanan JHT memang terus bertransformasi. Dari awalnya antre panjang karena membeludaknya pengajuan klaim JHT. Kemudian hadir Lapak Asyik (Layanan Tanpa Kontak Fisik) di awal masa pandemi yang mampu mengurai antrean secara signifikan. Menurut Cep Nandi, dengan aplikasi JMO akan memulai rekor baru dalam kecepatan layanan pencairan saldo JHT peserta.
”Karena verifikasinya secara otomatis dieksekusi langsung oleh sistem tanpa harus ada interaksi lagi dengan kita (petugas),” ujarnya.
Menurutnya, dengan layanan Lapak Asik Online sebenarnya juga cepat. Tapi layanan ini belum otomatis secara penuh karena masih melibatkan petugas.
”Misalkan hari ini kita mendaftar dan menyerahkan berkas, lalu ada tahapan video call untuk verifikasi, lalu beberapa hari saldo JHT sudah cair ke nomor rekening peserta. Tapi peserta sudah tidak perlu datang lagi ke kantor cabang,” katanya.
Nah, sambung Cep Nandi, aplikasi JMO ini memiliki konsep dapat mencairkan saldo JHT hanya dalam satu hari.
Cep Nandi menuturkan, aplikasi baru saja diluncurkan dan sudah tersedia di Google Play Store. Dalam penggunaannya aplikasi ini terus disempurnakan. Menurutnya, saat ini masih dalam proses transisi agar dapat digunakan penuh oleh peserta.
”Maka sementara kita pakai layanan Lapak Asik, baik online maupun onsite. Mudah-mudahan minggu depan sudah mulai ready,” tambahnya.
Menurutnya, di era digitalisasi ini BPJAMSTEK terus mengupayakan kemudahan layanan kepada peserta. ”Yaitu bagaimana agar peserta mudah daftar, mudah bayar, dan mudah klaim tepat sasaran. Untuk itulah dihadirkan aplikasi JMO ini,” ujarnya.
Cep Nandi menjelaskan, aplikasi JMO memiliki fitur lengkap. Yaitu, mulai dari pendaftaran peserta BPJS Ketenagakerjaan hingga proses pengajuan klaim JHT tanpa perlu datang ke kantor cabang.
”Aplikasi JMO ini sudah diaplikasikan terhadap beberapa peserta yang mengambil JHT. Kalau sudah sempurna diharapkan semua peserta dapat menggunakan aplikasi JMO,” tukasnya.
Dia menjelaskan, di JMO juga ada fitur call center. Jadi misalkan peserta ingin bertanya atau konsultasi langsung dengan petugas bisa dilayani dengan call center. ”Kontaknya langsung dari aplikasi JMO itu. Petugas langsung akan menjawab pertanyaan peserta”.
Sementara itu, Cep Nandi mengatakan, pihaknya menyelenggarakan Harpelanas mulai 6-9 September 2021. Dalam Harpelnas tahun ini suasana masih serupa dengan tahun sebelumnya yaitu menerapkan protokol kesehatan yang ketat karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.
”Hari ini merupakan hari spesial bagi Bapak dan Ibu yang mengajukan klaim JHT di kantor cabang kami. Ibaratnya hari ini Bapak dan Ibu adalah raja,” ujar Cep Nandi di hadapan sekitar 20 peserta di Ruang Layanan Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Ceger.
Dalam Harpelnas tersebut, peserta dimanjakan beragama doorprize dan makanan ringan. ”Kami mohon doa Bapak Ibu agar kami terus konsisten memberikan pelayanan yang terbaik dan maksimal kepada peserta,” tutup dia. (ibl/msb)