IPOL.ID– Salah satu operator sportsbook terbesar dan terkemuka di Asia, BK8 mensponsori lima klub sepakbola papan atas Liga Spanyol.
Lima Klub La Liga yang telah menjadi bagian dari kesepakatan dan akan bekerja sama dengan BK8 adalah Valencia, Villareal CF, Athletic Club Bilbao, RCD Mallorca, dan Elche CF.
Dalam siaran pers yang diterbitkan di Jakarta, Kamis (2/08/2021) BK8 mengemukakan kemitraan dengan lima klub La Liga diakui bukanlah proses yang mudah.
Namun perusahaan yakin dan bangga dengan adanya kesepakatan ini, akan menjadikan BK8 sebagai yang pertama mensponsori liga sepak bola dengan bekerja sama dengan lima klub sekaligus.
Terkait kesepakatan ini, pemerhati olahraga sepak bola sekaligus sport editor di salah satu situs online taruhan dunia , Megan Butler mengatakan BK8 telah mendapatkan salah satu kesepakatan kemitraan komersial terbanyak yang pernah ditemui.
“Apalagi di Spanyol, ada beberapa keraguan untuk bekerja sama dengan perusahaan taruhan olahraga dari Asia,” ujar Megan Butler.
Sejauh ini, Megan melihat tidak ada sentimentnegatif terkait kerja sama ini di Spanyol. Terutama sikap keberatan dari tim kemitraan komersial internal klub.
“Di masa lalu klub-klub ini secara tradisional tidak pernah bermitra dengan perusahaan taruhan olahraga manapun, dan tentu saja ada beberapa kekhawatiran mengenai proses di balik kerja sama dan berafiliasi dengan industri ini,” ungkap Megan Butler.
Namun, soal pendapatan, ini benar-benar menarik dan tentunya menguntungkan dengan apa yang ditawarkan oleh perusahaan taruhan olahraga asal China ini.
Di liga seperti La Liga di mana kesepakatan hak penyiaran jauh lebih sedikit daripada Liga Premier, jadi sangat masuk akal untuk memulai kesepakatan yang menguntungkan ini.
BK8 Targetkan Pertumbuhan Eropa
Kesepakatan baru yang ditandatangani antara BK8 dan klub Liga Spanyol ini adalah penanda yang sangat baik dan peluang besar bagi bandar taruhan.
Masih dalam pandangan Megan, dengan target pertumbuhan di Eropa, jelas bahwa BK8 menargetkan pengguna baru yang optimis di pasar internasionalnya. Bekerja sama dengan beberapa klub sepak bola terbesar di Eropa akan sangat membantu dalam mencapai tujuan mereka.
BK8 sudah lama terlibat dalam sepak bola Eropa dalam beberapa waktu ini. Sebagai pusat liga-liga terkemuka dunia, Eropa menjadi salah satu mitra strategis BK8. Salah satu geliat BK8 di Eropa adalah dengan memunculkan Robin Van Persie dan John terry sebagai brand ambassador BK8.
Persie yang menjadi brand ambassador 2019-2020, merupakan striker mematikan di Liga Premier asal Belanda. Kerja sama antara BK8 dan Van Persie menarik perhatian banyak fans. Pada beberapa event tertentu, Van Persie juga mengunjungi negara-negara Asia sebagai bentuk pemasaran BK8.
Sedangkan John Terry adalah brand Ambassador BK8 2018-2019. Ia merupakan bek tengah asal Inggris yang didapuk sebagai pemain legend dari klubnya Chelsea.
Mengambil Hati Penggemar Asia
BK8 mengungkapkan kesepakatan antara BK8 dan lima klub La Liga mengambil bentuk pendekatan pemasaran secara multi-faceted untuk pasar Asia dan Eropa.
BK8 pada dasarnya telah membeli paket branding di seluruh media sosial dan platform digital yang dimiliki dan dioperasikan oleh 5 klub tersebut.
BK8 sendiri akan menawarkan promosi khusus yang akan disediakan bagi pemain di mana mereka dapat memperoleh keuntungan dari peluang yang tinggi dan bonus spesial pada saat tim yang disponsori bermain.
Hal ini juga akan ada keuntungan besar dengan memanfaatkan parameter teknologi periklanan di lapangan seperti, papan reklame yang dapat diprogram untuk menyampaikan berbagai materi pemasaran bagi pemirsa berdasarkan letak lokasi mereka secara geografis.
Hak iklan komersial perimeter secara virtual sangat bervariasi tergantung pada suatu wilayah, dan untuk alasan ini, BK8 harus mengoptimalkan penayangan iklannya untuk pasar tertentu.
Beberapa klub yang terlibat secara optimis menegaskan bahwa dengan merek mereka sendiri di Asia akan tumbuh dari hasil kesepakatan ini. Presiden Valencia CF mengindikasikan bahwa klub mengincar target pertumbuhan yang optimis di Asia dan memutuskan bekerja sama dengan BK8 yang memungkinkan mereka mencapai target.
Mendapatkan basis penggemar yang besar di Asia dapat secara dramatis meningkatkan prospek pendapatan di klub tertentu.
Situasi yang sama juga berlaku untuk klub seperti Villarreal, Mallorca, Athletic Club, dan Elche. Semuanya akan sangat diuntungkan dari struktur kesepakatan ini.
Jika dijalankan dengan baik, kemitraan antara klub-klub ini sangat penting dan akan bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat dan akan memberikan jangkauan yang sangat luas bagi para penonton di berbagai negara. (bas)