IPOL.ID – Survei Lembaga Riset Institute For Demographic and Poverty Studies (IDEAS) menunjukan bahwa belajar dari rumah (BDR) adalah substitusi yang jauh dari sepadan dengan PTM. Dalam pelaksanaan BDR selama pandemi, responden guru banyak menggantungkan diri pada PJJ daring.
Survei tersebut dilakukan IDEAS terhadap 98 kepala sekolah, 515 guru dan 826 peserta didik dari 114 satuan pendidikan setingkat SD-SMP yang tersebar di 9 provinsi, pada Agustus-September 2021 yang lalu.
“Metode belajar daring paling populer yang dipilih responden guru adalah diskusi virtual melalui aplikasi WhatsApp Group atau Google Classroom dengan persentase sebesar 74 persen. Pertemuan daring melalui aplikasi Zoom dan Google Meet menjadi pilihan guru dengan persentase 32,8 persen,” kata Meli Triana Devi, peneliti IDEAS dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu (18/12).
Meli menjelaskan bahwa PJJ dengan pertemuan daring yang efektivitas-nya lebih tinggi seperti via zoom atau Google Meet, terlihat masih menjadi pilihan yang sulit dan mahal.