IPOL.ID – Sebanyak 44 finalis Puteri Indonesia dengan berbagai profesi berkompetisi memperebutkan tiga mahkota Borobudur yang baru, lebih mewah, agung dan mempesona.
Ajang tahunan Pemilihan Puteri Indonesia ke-25 tahun 2022 digelar Yayasan Puteri Indonesia (YPI) didukung PT Mustika Ratu Tbk (MRAT).
“Kali ini perhelatan akbar Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) ke-25 tahun 2022 mengusung tema kekayaan budaya dan keindahan Borobudur, hal ini sesuai dengan komitmen Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo untuk menjadikan Borobudur sebagai salah satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas yang dicanangkan pemerintah,” ucap Penasehat Utama Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani di Hotel The Westin Jakarta, Rabu (18/5).
Guna memenuhi standar Puteri Indonesia 2022, sambung Putri Kus Wisnu Wardani, perhelatan pemilihan Puteri Indonesia ke-25 mengikuti perkembangan jaman. Mereka berkompetisi memperebutkan tiga mahkota Borobudur persembahan dari Hartono Wira Tanik, terdiri dari Mahkota Merah untuk Puteri Indonesia, Mahkota Hijau untuk Puteri Indonesia Lingkungan dan Mahkota Biru untuk Puteri Indonesia Pariwisata.
Dalam prosesnya, pemilihan terdiri dari 3 B yakni Brand, Beauty and Behavior. Menurutnya, perempuan Indonesia tidak hanya cantik, pandai, mengandalkan penampilannya, olah tubuh, vit dan proporsi.
“Tetapi Puteri Indonesia juga harus diisi baik formal dan non formalnya. Kombinasi perempuan yang utuh, menghadapi era globalisasi yang harus mampu menghadapi dunia internasional,” tukas Wisnu Wardani.
Yayasan Puteri Indonesia sendiri tengah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM). “Kita menyongsong Indonesia emas 2045. Siapa yang akan jadi pemimpin Indonesia, ya mereka-mereka ini, persiapannya 10 hari kedepan. Bakal calon pemimpin Indonesia ke depan,” ungkapnya.
Kedepan, bagaimana caranya Indonesia mempersiapkan diri di mata dunia. Kedepan populasi generasi muda yang akan memimpin Indonesia.
“Diharapkan melalui ajang pemilihan Puteri Indonesia 2022 ini mereka bisa terus berkarya agar bisa menjadi inspirasi dan aspirasi dunia,” harap dia.
Selain itu, lanjutnya, diharapkan mampu menumbuhkan kecintaan dikalangan remaja puteri Indonesia terhadap potensi kekayaan budaya dan keindahan alam tanah air. Khususnya di bidang pariwisata untuk memperkuat Kebhinekaan bangsa bagi generasi muda.
“Kami ingin mendorong para remaja puteri Indonesia mengembangkan potensi mereka melalui kreativitas dan potensi beragam. Kami harap melalui penyelenggaraan PPI 2022 ini dapat menjadi momentum yang tepat untuk mengangkat kembali Indonesia, khususnya bidang pariwisata dan industri kreatif,” kata Wisnu Wardani.
Dalam kesempatan itu, turut hadir Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang, Ketum Yayasan Puteri Indonesia, Wardiman Djojonegoro, Director Marketing Communication Hotel The Westin Jakarta, Yudith Dwi Astuti, Head of Corporate Marketing and Communication OT Group, Harianus Zebua, Puteri Indonesia 2020, Rr. Ayu Maulida Putri, Puteri Indonesia Lingkungan 2020, Putu Ayu Saraswati dan Puteri Indonesia Pariwisata 2020, Jihane Almira Chedid. (ibl)