IPOL.ID – BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan berkomitmen mendekatkan layanan kepada masyarakat melalui program Goes to Customer (GTC) sejak minggu ketiga Mei lalu, kali ini sasaran pemberian informasi secara langsungnya adalah masyarakat Kelurahan Bintaro yang disambangi pada hari Kamis (09/06), tujuan dari kegiatan GTC ini diungkapkan oleh Staf Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Lidia Marpaung saat bersosialisasi.
“Dengan adanya program ini kami mencoba menjangkau peserta yang masih minim informasi dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Program JKN-KIS, kemudian kami juga tentunya menerima masukan ataupun harapan dari peserta terkait pelaksanaan Program JKN-KIS ke depannya,” tutur Lidia.
Tuan rumah kegiatan sosialisasi tersebut, Sekretaris Kelurahan Bintaro Ali mendukung penuh program-program BPJS Kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat luas, termasuk program GTC yang sedang berlangsung, hal itu disampaikannya pada saat membuka acara.
“Kami sangat senang dengan dihadirkannya acara sosialisasi seperti ini, karena memang hampir seluruh warga disini adalah peserta aktif BPJS Kesehatan, dan adanya momen seperti ini jadi salah satu media sharing antara warga dengan petugas BPJS Kesehatan secara langsung. Harapannya warga menjadi terbantu dengan penjelasan dan solusi yang disampaikan, jadi nantinya tidak bingung lagi kalau mau berobat,” ujar Ali.
Dalam kesempatannya menjawab pertanyaan peserta GTC, BPJS Kesehatan yang diwakili oleh Lidia Marpaung memperjelas mekanisme Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di rumah sakit. Bagi peserta Program JKN-KIS yang membutuhkan informasi ataupun memiliki pengaduan dapat menghubungi nomor petugas PIPP rumah sakit atau petugas BPJS Satu yang terdapat pada poster yang dipasang dilingkungan masing-masing rumah sakit.
“Selain itu, peserta juga bisa mencari informasi atau melakukan pengaduan melalui kanal lain seperti aplikasi Mobile JKN yang bisa diunduh pada smartphone, kemudian bisa juga lewat layanan siaga dan kapan saja lewat BPJS Kesehatan Care Center 165,” tambah Lidia.
Lebih lanjut Lidia Marpaung memberikan informasi seputar kanal layanan tanpa tatap muka BPJS Kesehatan yang bertujuan mempermudah pengurusan administrasi kepesertaan secara praktis, mulai dari aplikasi Mobile JKN, Chika, Vika, BPJS Kesehatan Care Center 165 dan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa). (DT/dv)