IPOL.ID- Bagi kaum generasi Z yang merupakan salah satu generasi termuda saat ini, tentunya sudah sangat akrab dengan kecanggihan teknologi termasuk dalam menggunakan Smartphone.
Fakta tersebut diaminkan oleh Avrilia (16) remaja kelas 2 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) wilayah Jakarta Selatan Jum’at (25/02), Avril sendiri ternyata adalah peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).
“Kepesertaan BPJS Kesehatan saya itu yang bayar perorangan setiap bulannya dengan kelas rawat 1, untuk pengalaman sendiri sebetulnya saya juga sudah pernah memanfaatkan status kepesertaan BPJS Kesehatan sejak SMP, beberapa kali ke Puskesmas dekat rumah waktu demam, batuk, flu dan yang terakhir karena perut saya sakit seperti ditusuk-tusuk jarum akibat sakit mag, selama pakai BPJS Kesehatan semua pengobatan itu gratis dan pelayanannya juga baik,” ujar Avril.
Bertumbuh besar bersama Program JKN-KIS membuat Avril mengikuti perkembangan pelaksanaan program tersebut, baik dari segi penyesuaian kebijakan-kebijakan terkait kepesertaan hingga inovasi-inovasi teranyar besutan BPJS Kesehatan seperti aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500-400 yang sudah beralih menjadi BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA) dan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA).