“Nama JIP cocok dengan seluruh desain dan karakter robot yang menyatukan tiga tuan rumah. Dengan launching JIP, kami harap seluruh pecinta basket siap menyambut turnamen terbesar di dunia itu tahun depan, dan ini juga kesempatan besar bagi penggemar basket di Jakarta, Okinawa, dan Manila berinteraksi dan bergembira bersama maskot robot kami,” jelas David Crooker, Direktur Eksekutif FIBA Basketball World Cup 2023.
“Kami senang JIP dipilih menjadi maskot Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023. Maskot robot itu mewakili semua hal yang ingin digaungkan dari Piala Dunia Bola BAsket tahun depan, termasuk pula kolaborasi kuat antar tiga negara tuan rumah. Kami berharap, robot JIP makin menarik minat anak-anak dan remaja untuk menyebarkan passion akan bola basket ke generasi berikutnya,” ujar Cahyadi Wandi, Ketua Joint Management Committee Indonesia.
Di Manila, Filipina, launcing JIP akan dilakukan pada Minggu 31 Juli di Mall of Asia Atrium, Manila. Sementara di Jepang, robot JIP akan tampil di berbagai program TV selama seminggu serta diagendakan hadir pada acara “One Year to Go” FIBA Basketball World Cup 2023 bulan Agustus mendatang. (bam)