Perubahan perilaku konsumen ketika pandemi Covid-19, menjadikan pelaku UMKM harus terus melakukan inovasi dengan memanfaatkan platform digital, keberadaan sosial media harus dimanfaatkan untuk bisa memudahkan pelaku UMKM untuk memberikan informasi dan berinteraksi langsung dengan konsumen, memperluas pangsa pasar, meningkatkan awareness dan meningkatkan penjualan. salah satunya melalui Gernas BBI 2022 di kalimantan selatan sebagai ajang promosi dan kampanye agar UMKM kalimantan selatan bisa dikenal hingga mancanegara.
Sejak tahun 2020, melalui program Pendanaan UMK dan Rumah BUMN Pertamina telah menyelenggarakan hampir 1.000 kegiatan online training baik melalui social media maupun webinar, dengan total peserta mencapai lebih dari 36 ribu orang. Pertamina konsisten melakukan pembinaan UMK agar naik kelas dengan melakukan pembinaan sesuai kurikulum Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global.
“Dengan semangat “Energizing You dan Energizing Indonesia”, Pertamina mengajak seluruh masyarakat untuk dapat meningkatkan kepedulian dalam mencintai dan membeli produk – produk Indonesia, serta bangga menggunakan produk dalam negeri,” pungkasnya