Kali pertama dalam Pilpres di Indonesia, komunitas dunia digital (pemilik akun Facebook dan Whatsapp) menjadi kantong besar pemilih di atas 50%, dan ikut menjadi penentu pemenang Pilpres 2024.
Jelang pilpres 2024, jumlah komunitas digital mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan masa sebelum pilpres 2019. Tahun 2017, mereka pengguna Facebook sebesar 29.1%, sedangkan pengguna Whatsapp sebesar 47.0%.
Menjelang Pilpres 2024 (survei Juni 2022), mereka pengguna FB sebesar 51.8%, dan mereka yang menggunakan WA sebesar 60.0%.
Mereka pengguna medsos lain seperti Instagram dan Youtube mengalami kenaikan. Pengguna Instagram meningkat dari 13.7% di 2017, menjadi 22.6% di 2022. Pengguna Youtube dari 19.7% di 2017 jadi 45.0% di 2022.
Namun pengguna Instagram dan Yotube masih dibawah 50% penggunanya di Indonesia pada 2022.
Ade Mulyono menyampaikan bahwa fenomena mereka yang sekarang akrab dengan dunia digital di 2022, dari hasil survei LSI sudah mencapai 50 persen lebih. “Berarti otomatis kalau kita lihat 50 persen lebih itu kantung suara besar sebetulnya,” katanya.