Inti dari mobil balap baru ini adalah mesin yang mendekati standar berdasarkan power plant 911 generasi 992. Seperti pada model sebelumnya, ini adalah mesin enam silinder berpendingin air dengan teknologi empat katup dan injeksi bahan bakar langsung. Perkembangan baru yang utama adalah peningkatan Seperti 911 RSR, kapasitas 911 GT3 R baru telah meningkat lima persen dari 3.997 menjadi 4.194 cc.
Ini telah meningkatkan output puncak mesin menjadi sekitar 416 kW (565 PS). Pertama dan terpenting, walau bagaimanapun, Porsche telah mengoptimalkan kurva torsi dan daya di seluruh rentang putaran. Akibatnya, mesin enam silinder 4.2 liter baru ini lebih cocok bagi pengemudi pria.
Mesin enam silinder berputaran tinggi tanpa turbo dan berposisi klasik di bagian belakang, sehingga meningkatkan traksi dan pengereman. Namun telah dimiringkan ke depan sebesar 5,5 derajat, menciptakan lebih banyak kelonggaran untuk diffuser bagian bawah bodi mobil.
Unit bantu seperti alternator dan kompresor AC dipindahkan satu meter ke depan dan lebih jauh ke bawah ke ruang di depan mesin dan gearbox, yang memiliki efek positif pada keseimbangan berat 911 GT3 R. Gearbox speed contest-mesh sekuensial berasal dari 911 GT3 Cup saat ini. Shift paddle mengontrol aktuator shift drum elektronik yang memungkinkan pergantian gigi secara cepat dan tepat.