Selain kaliper rem balap monoblok aluminium, rem cakram pada 911 GT3 R baru kini juga dipasok oleh perusahaan spesialis AP. Cakram baja depan berventilasi internal dan berlubang berukuran diameter 390 mm dan diaktifkan oleh enam piston. Di bagian belakang dipasang kaliper empat piston dan cakram berukuran 370 mm.
Aplikasi perangkat lunak canggih untuk ABS balap generasi kelima mengurangi keausan pada ban dan rem. Sistem kontrol traksi Porsche juga menerima pengembangan lebih lanjut.
911 GT3 R baru hanyalah mobil balap kedua dari Porsche Motorsport yang didasarkan pada 911 generasi 992 saat ini setelah 911 GT3 Cup. Bodinya yang ringan dengan desain komposit aluminium-baja yang cerdas mengacu pada model produksi, meskipun dengan modifikasi besar untuk digunakan pada 911 GT3 R.
Hampir semua komponen bodi terbuat dari karbon ringan, termasuk tutup depan dan belakang, pintu, panel samping, sayap belakang dan atap. Lengkungan roda terbuat dari serat aramid.
Dalam kendaraan seperti 911 GT3 R baru, fungsionalitas menjadi yang terdepan. Namun demikian, Grant Larson dari Style Porsche kembali berhasil menciptakan bentuk yang sangat menakjubkan dan harmonis. Mereka menonjolkan warisan sembilan-sebelas dan memadukannya dengan efisiensi yang canggih. Terutama, ini tercermin dalam aerodinamis. Poin utama ialah bagian bawah bodi mobil yang ditinggikan di bagian depan gandar depan, untuk pertama kalinya bersama dengan baki bawah yang mulus, dan diffuser belakang. Kombinasi ini meningkatkan downforce tanpa peningkatan drag yang signifikan.