IPOL.ID-Pada tanggal 15 September 2022, Sharp Corporation memperingati hari jadinya yang ke – 110 tahun.
Tepat di tanggal ini 110 tahun silam pada tahun 1912, Tokuji Hayakawa, pendiri Sharp, mendirikan toko pengerjaan logam di Tokyo.
Kemudian berinovasi melahirkan ‘Pensil Sharp’ sebuah pensil mekanik tipe twist yang selanjutnya menjadi asal mula nama merek korporasi hingga sekarang.
Sharp merupakan produsen elektronik kelas dunia yang melahirkan produk inovatif dengan teknologi terkini memiliki peran penting pada industri elektronik masa depan.
Sharp menetapkan visi bisnis-nya ‘Mengubah dunia dengan teknologi 8K+5G dan AIOT’. Teknologi 8K adalah ultra high definition generasi lanjutan dengan resolusi empat kali lipat (7,680 x 4,320 piksel: 33.18 resolusi dengan jutaan piksel) dari 4K (3.840 x 2.160 piksel: resolusi sekitar 8,29 juta piksel), dan 16 kali lipat dari resolusi saat ini, siaran dengan hasil 2K vision (1.920 x 1080 piksel: sekitar 2,07 juta piksel).
Teknologi 8K menghasilkan gambar yang sangat tajam seperti aslinya dan menghasilkan penemuan baru yang mengagumkan.
Sedangkan teknologi 5G adalah generasi lanjutan dari transmisi data selular, dengan kemajuan signifikan pada kecepatan dan kapasitas transmisi data ini menghasilkan latensi sangat rendah dan konektivitas multi-terminal.
Teknologi 5G memperluas komunikasi untuk memfasilitasi konektivitas menyeluruh antara pengguna dan semua jenis perangkat.
AIoT adalah kombinasi unik dari teknologi AI (Artificial Intellegence) dan IoT (Internet of Things), teknologi berbasis indra peraba (taktil) dan intuitif yang diciptakan melalui aplikasi dengan konektivitas cloud dan AI ke dalam rangkaian peralatan elektronik sehari-hari yang kita gunakan, menyempurnakan perangkat elektronik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, individu dan masyarakat secara keseluruhan.
Untuk mewujudkan visi tersebut, Sharp mengutamakan 3 prinsip dalam bisnis-nya yaitu Smart Life, 8K Ecosystem dan ICT, secara bersamaan dengan dua bisnis perangkat, yaitu perangkat display dan perangkat elektronik yang mendukung-nya terintegrasi dalam meraih bisnis ‘One Sharp’.
Sharp menghadirkan produk – produk unggulan untuk keperluan rumah tangga seperti AQUOS untuk merek TV dan smartphone, lalu teknologi plasmacluster yang dibenamkan pada produk pembersih udara, AC, lemari es, mesin cuci dan penyedot debu, kemudian merek Healshio untuk produk oven dan panci masak anhydrous untuk penggunaan dapur.
Produk – produk Sharp juga banyak digunakan di perkantoran seperti printer multi-fungsi, monitor, sistem tampilan interaktif, PC, notebook dan lain lain. Sistem yang mengintegrasikan layanan dengan perangkat keras dan lunak juga diperkenalkan oleh perusahaan, yang dikenal sebagai layanan COCORO+, bersama dengan sistem 8K+5G lainnya digunakan untuk sistem perkantoran, dll.
PM
Sharp Corporate Guide
Berdasarkan kredo bisnis nya ‘Kejujuran dan Daya Cipta’, pendiri Sharp, Tokuji Hayakawa bercita – cita untuk ‘menciptakan produk yang ingin di tiru oleh perusahaan lain’. Sharp terus memperkenalkan inovasi produk dan solusi unik menjadi yang pertama di dunia dan yang pertama di Jepang untuk berkontribusi pada pengembangan masyarakat. Hasilnya, Sharp telah mencapai banyak tonggak sejarah selama 110 tahun dengan produk dan solusinya.
Beberapa contohnya adalah: Memperkenalkan TV LCD merek AQUOS dari tahun 2001 dan mendistribusikan hingga 500 juta unit pada akhir September 2020, mengembangkan pembangkit listrik fotovoltaik sejak 1959 hingga kini selama lebih dari 60 tahun, memperkenalkan teknologi unggulan pemurnian udara Plasmacluster pada Oktober 2000 dan mencapai 100 juta unit dikirim ke seluruh dunia pada Oktober 2021, mengembangkan kalkulator all-transistor pertama di dunia pada tahun 1964 dan merayakan 50 tahun dalam bisnis kalkulator pada tahun 2014, mengembangkan ponsel sejak 1994 dan menghadirkan banyak produk unggulan di industry telepon genggam seperti ponsel pertama yang dilengkapi kamera pada tahun 2000, mengembangkan oven microwave konveksi sejak tahun 1961 dan memperkenalkan model produksi massal pertama Jepang pada tahun 1962, merayakan ulang tahun ke-60 pada tahun 2022, memperkenalkan multi-copier pertama pada tahun 1972 dan merayakan ulang tahun ke-50 pada tahun 2022, dan yang terbaru, memulai produksi masker wajah mulai Februari 2020 dan mencapai total 300 juta pengiriman pada November 2021.
Kegiatan tersebut selama bertahun tahun telah dikenal oleh berbagai lembaga di seluruh dunia termasuk IEEE*1, merupakan lembaga akademis terbesar di dunia untuk teknik listrik, elektronik, informasi dan telekomunikasi mengakui inovasi yang dilakukan oleh Sharp sebagai sebuah milestone *2, yaitu pelopor produsen kalkulator elektronik, komersialisasi dan industriaisasi sel surya dan layar film transistor tertipis dengan ukuran 14 inch (TFT LCD) untuk TV.
Founder Tokuji Hayakawa (right) testing a radio sample
Pada tahun 1923, sang pendiri mengalami Gempa Besar Kanto dan dipindahkan ke Osaka. Tokuji Hayakawa mencari peluang baru, ia melirik tren dimulainya siaran radio di Jepang, dan berhasil merakit set radio kristal pertama di Jepang pada April 1925. Kemudian, pada tahun 1953, setelah dimulainya siaran TV, Sharp memulai produksi massal perangkat TV pertama di Jepang, menjadikannya pemimpin berkembang menjadi perusahaan elektronik yang komprehensif.
Landasan Pilar Bisnis Baru: Kalkulator dan LCD
Mencari pilar baru bisnis nya, Sharp mulai memperkenalkan pengembangkan kalkulator yang menerapkan teknologi komputer, Kalkulator terus berkembang mengikuti jaman seperti ukuran yang lebih kompak dan ringan dengan inovasi teknologi transistor dan adopsi layar LCD. Saat itulah Sharp mulai menetapkan strategi perusahaan mengembangkan perangkat utama untuk produk unggulan di dalam perusahaan. Terutama perkembangan LCD yang terus berkembang menjadi perangkat utama dalam berbagai aplikasi dibidang tampilan teknologi dan bidang lainnya, menjadi pilar bisnis utama hingga saat ini.
Dasar Pengembangan Peduli Lingkungan: Pembangkit listrik fotovoltaik
Berdasarkan gagasan pendirinya, ‘Jika kita dapat menemukan cara untuk menghasilkan listrik dari panas dan cahaya matahari yang tak terbatas, ini akan bermanfaat bagi umat manusia hingga tingkat yang hampir tidak dapat kita bayangkan’, Sharp mulai melakukan penelitian sel surya. Setelah berhasil memproduksi prototipe pada tahun 1959, produksi massal dimulai pada tahun 1963. Sejak itu, selama 60 tahun Sharp telah memimpin pasar pembangkit listrik fotovoltaik dengan pengembangan dan penjualan sistem PV untuk rumah, fasilitas, EPC*3, dan berkontribusi pada perluasan energi terbarukan.
3 Teknik, pengadaan dan konstruksi. Layanan keseluruhan mulai dari pemasangan sistem solar hingga pemeliharaan.
Mengembangkan Teknologi Unggulan untuk Berkontribusi pada Kesehatan: Plasmacluster
Ketika Sharp mulai fokus mengembangkan teknologi penjernih udara, para penelitinya menemukan ide unik yang kemudian diberi nama ‘Plasmacluster’ untuk menjernihkan udara. Ion plasmacluster adalah ion positif dan negatif yang sama dengan yang terjadi di alam.
Teknologi Sharp yang dipatenkan ini mampu menjernihkan udara, dan telah terbukti aman bagi manusia berapa pun konsentrasi ionnya. Konsentrasi ion Plasmacluster yang sangat tinggi telah terbukti dapat membersihkan udara, menghilangkan bau tak sedap, melembabkan kulit wajah dan mengurangi listrik statis .
Teknologi plasmacluster disematkan ke dalam produk untuk fasilitas bisnis dan konsumen di lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Kemampuan ion plasmacluster telah diakui oleh berbagai lembaga di seluruh dunia termasuk Jepang, Jerman, Inggris dan Cina dan lain lain.
Logo Peringatan 110 tahun
Sharp telah membuat logo peringatan 110 tahun untuk memperingati dan sebagai bentuk apresiasi atas dukungan dari semua pihak selama 110 tahun, perubahan warna yang lembut mengekspresikan transformasi dari warna hijau dan biru mewakili dimana mewakili citra bisnis Sharp yang peduli pada bidang Lingkungan, Social dan Tata kelola [Environment, Social & Government (ESG) ].
Transformasi Bisnis Untuk Lebih Peduli Pada Environment, Social & Government (ESG)
Pada peringatan hari jadinya 110 tahun ini, Sharp memperkenalkan sistem manajemen baru untuk mewujudkan transformasi guna menekankan kembali pada ESG dan meningkatkan nilai sosialnya serta merevitalisasi mereknya untuk pertumbuhan yang berkelanjutan. (sol)