Selain memberikan apresiasi atas sejumlah capaian yang diperoleh para pelaku UMKM, ABBI 2022 juga mengomunikasikan kepada seluruh masyarakat bahwa produk-produk lokal khususnya hasil produksi UMKM memiliki kualitas produk yang baik dan berdaya saing.
Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting mengatakan bahwa kegiatan pemilihan pemenang ABBI 2022 ini melibatkan partisipasi masyarakat. Tiga besar finalis dari empat kategori yang sudah terpilih dari serangkaian seleksi ketat, akan dipilih publik untuk menempati posisi 1, 2, dan 3. Loto menyampaikan bahwa public voting untuk para pemenang akan dimulai sejak tanggal 22 November 2022 dan ditutup pada 9 Desember 2022 mendatang.
“Kekuatan ekonomi kita utamanya ditopang oleh UMKM. Harapannya, dengan kita bersama-sama mengkampanyekan Bangga Buatan Indonesia, mencintai produk lokal, dan belanja produk lokal, akan dapat menyerap produk UMKM lebih besar lagi. Sehingga para UMKM menjadi makin siap menghadapi ancaman resesi global maupun ancaman perlambatan pertumbuhan ekonomi ke depan” lanjut Loto.