IPOL.ID – Polemik dihapuskannya anggaran untuk pengembangan jalur sepeda masih terus berkepanjangan. Padahal, pengembangan jalur sepeda diperlukan untuk memberi ruang bagi masyarakat yang masih peduli dalam mengurangi emisi karbon akibat penggunaan kendaraan bermotor.
Direktur Eksekutif Rujak Center for Urban Studies dalam akun twitter pribadinya menyebutkan, jalur sepeda di Jakarta masih cukup minim jika dibandingkan dengan total panjang jalan di Jakarta.
“Jalur sepeda terproteksi cuma 40 KM dari total panjang jalan Jakarta yg 6700 KM. 1% aja gak nyampe. Totalnya dgn yg “cat” doang sekitar 300 KM, gak sampe 5% total jalan. Tapi buat sebagian orang, jalur sepeda kayak diberlakukan macam tuman penyebab kemacetan,” ujar Elisa melalui akun twitter @elisa_jkt, dikutip Rabu (16/11/2022).
Menurutnya, transisi penggunaan moda transportasi umum & non-motor adalah suatu keharusan demi mewujudkan kota lestari. Bahkan, katanya, transisi penggunaan kendaraan non bermotor itu seharusnya dilakukan sejak 20 tahun lalu.