IPOL.ID – Menjelang akhir tahun, minat belanja online masyarakat Indonesia kian mengalami peningkatan. Hadirnya berbagai festival belanja online diselenggarakan berbagai e-commerce menjadi faktor pendorong minat belanja konsumen.
Midtrans, penyedia layanan payment gateway dari GoTo Financial, mencatat tren peningkatan transaksi online yang diproses melalui platform Midtrans di periode khusus seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).
Di tahun 2022, transaksi online Midtrans tercatat meningkat hingga 3 kali lipat pada tanggal promosi khusus, seperti Harbolnas. Hal itu terlihat dari aktivitas belanja di berbagai merchant Midtrans yang menggunakan platform digital, mulai dari marketplace besar hingga Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berjualan lewat website.
Head of Merchant Payment Strategy GoTo Financial, Dea Deviana mengungkapkan, kecenderungan masyarakat berbelanja menjelang akhir tahun dapat dijadikan kesempatan bagi para pelaku usaha atau merchant memberikan pelayanan terbaik, berorientasi kepada konsumen.
“Antusiasme konsumen memilih transaksi di platform digital dapat diselaraskan dengan memberikan pengalaman belanja yang baik, sehingga merchant dapat terus menjadi pilihan pelanggan,” tutur Dea Deviana dalam giat bertema ‘Midtrans: Minat Belanja Online Meningkat di Momen Spesial, Pembayaran Digital Makin Jadi Pilihan’ di Jakarta, Kamis (15/12).
Sebagai sektor yang mengalami pertumbuhan paling pesat saat pandemi, platform digital atau e-commerce jadi salah satu pilihan utama masyarakat dalam belanja online. Seiring Midtrans penyedia layanan payment gateway membagikan fenomena belanja konsumen menarik bagi masyarakat dan pelaku usaha.
“Midtrans senantiasa berkomitmen menjadi partner pertumbuhan para pelaku usaha, menyediakan layanan payment gateway terpercaya untuk kebutuhan usaha. Layanan Midtrans mampu menjawab kebutuhan pelaku usaha di platform digital, memproses transaksi dalam volume tinggi, hitungan detik, sehingga mereka dapat mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya,” terang Dea.
Dia menambahkan, teknologi Midtrans memungkinkan jutaan transaksi dapat diproses dalam hitungan detik, dengan tingkat uptime atau waktu aktif server hingga 99,99%. Ini merupakan standar optimal dalam industri payment gateway.
Dalam lima tahun terakhir, Midtrans telah mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembayaran online hingga 70%.
Payment gateway atau gerbang pembayaran merupakan layanan elektronik, menghubungkan penyedia layanan pembayaran seperti bank dengan merchant atau pelaku usaha. Sebagai penyelenggara payment gateway berizin dan diawasi Bank Indonesia, Midtrans tak hanya memberikan layanan pembayaran komprehensif, tetapi terus mendorong perkembangan bisnis dari berbagai skala.
“Data dan tren ini menunjukkan peran payment gateway sebagai tulang punggung di balik pertumbuhan industri digital melalui layanan pembayaran diandalkan untuk kebutuhan pelaku usaha Indonesia,” ungkap Dea.
Berikut tren transaksi digital lain yang tercatat oleh Midtrans di tahun 2022:
1. Tak Hanya Harbolnas, Transaksi Online Meningkat Pada Momen Gajian. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) di 2021, penduduk Indonesia rata-rata menghabiskan Rp1,26 juta per bulan untuk konsumsi. Momen Harbolnas dan festival belanja online serupa menjadi ajang menarik bagi konsumen belanja berbagai macam kebutuhan lewat platform digital.
Selain itu, momen gajian berkontribusi dalam kenaikan transaksi belanja online di platform digital. Pembayaran online yang dilakukan di hari gajian dan diproses payment gateway Midtrans lebih tinggi 1,2 kali lipat dibandingkan hari-hari lainnya.
Hal ini menunjukan minat belanja masyarakat tinggi pada momen-momen tertentu. Sehingga para pelaku usaha dapat menyiapkan strategi tepat tuk memfasilitasi kenaikan volume transaksi di waktu tersebut. Midtrans melalui sistem pembayaran terintegrasi langsung dengan toko online secara real time menjadikan proses transaksi jadi jauh lebih cepat dan efisien hingga pelaku usaha dapat mengelola banyak transaksi dengan mudah.
2. Metode Pembayaran Digital Menjadi Favorit, Dorong Minat Belanja Online. Seiring dengan meningkatnya minat belanja online, metode pembayaran digital dalam bertransaksi semakin menjadi pilihan pelanggan. Tiga metode pembayaran jadi favorit berbelanja di merchant Midtrans adalah GoPay, kartu kredit, serta transfer bank.
Metode pembayaran dengan Quick Responses Indonesian Standard (QRIS) melalui GoPay banyak disukai konsumen dan merchant. Karena kemudahan dan tingkat keberhasilan penerimaan (acceptance rate) cukup tinggi.
3. Kemudahan Checkout di Website dan Aplikasi Dorong Konversi Penjualan Merchant Inovasi fitur halaman pembayaran (checkout) dari Midtrans memungkinkan informasi transaksi dapat diakses lengkap. Bahkan mudah dalam satu halaman, sehingga konsumen bisa menghemat waktu melakukan pembayaran di aplikasi merchant. Hal ini berpotensi mendorong konversi penjualan lebih banyak di sisi merchant. (Joesvicar Iqbal)