Aspek penilaian terhadap program SDGs yang dimiliki oleh perusahaan untuk dapat dinilai sebagai program yang ideal mencakup inovasi, partisipasi multipihak dalam pelaksanaan program, dampak dan inklusifitas program, serta potensi scale-up dan replikasi program keberlanjutan.
Keberhasilan Telkom dalam memperoleh penghargaan dalam kategori Pelaku Usaha Besar dicapai atas penilaian terhadap 3 program Tanggung Jawab Sosial (TJSL) yang dijalankan Telkom hingga saat ini.
Mengusung tema “Promoting Sustainable Impact Initiatives by Localizing SDGs to Build Prosperous Digital Society and Competitive Nation”, Telkom sebagai perusahaan digital telco memfokuskan programnya untuk mewujudkan kedaulatan digital bagi seluruh masyarakat.
Ketiga program TJSL Telkom yang diikutsertakan pada ajang penghargaan Indonesia’s SDGs Action Awards 2022 yakni, program Innovillage: Inkubasi Socio-Digipreneurship, Program Digitalisasi Pendidikan, Program Peningkatan Akses Sanitasi dan Air Bersih.
Melalui program-program ini, Telkom mendukung tujuan pembangunan terutama pada tujuan SDGs ke-4 terkait pendidikan yang berkualitas, ke-6 akses air bersih dan sanitasi, ke-8 terkait pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, ke-11 terkait kota dan pemukiman yang berkelanjutan, serta tujuan ke-12 terkait konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.