* Di Tahun 2023, riset memperlihatkan berbagai tantangan perkembangan industri B2B dari segi rendahnya literasi keuangan, kesenjangan akses digital, dan pembiayaan bagi UKM harus diwaspadai para pemain B2B FMCG di Indonesia.
* Terdapat prinsip-prinsip panduan (Strategi 4P) di dalam riset ditujukan bagi para pemain B2B FMCG membangun ekosistem B2B berkelanjutan, di antaranya (1) Pembuatan aplikasi terintegrasi secara end-to-end, (2) Penguatan saluran distribusi, (3) Penjualan terfokus pada penjual strategis di area tertentu, (4) Penjagaan rasio biaya stabilitas harga pasar.
Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS), Bhima Yudhistira mengatakan, studi ini dibuat menggunakan metode studi literatur (literature study) dengan berbagai sumber. Baik primer maupun sekunder dan studi terdahulu relevan.
Saat ini, pasar Indonesia berada di masa transisi dari Fase 2 (customer process portal) menuju Fase 3 (multi-channel infrastructure).
“Kehadiran platform B2B digital seperti GudangAda dapat berperan efektif mengakselerasi transisi melalui ragam layanan bisnis digital terintegrasi pada segenap pemain di industri B2B, mulai dari prinsipal hingga pelaku bisnis level UKM seperti pemilik toko dan warung,” tukasnya.