IPOL.ID – Bank Central Asia Tbk (BBCA) membukukan laba Rp40,7 Triliun sepanjang 2022 lalu. Capaian ini tidak terlepas dari kinerja moncer pertumbuhan kredit yang mencapai 11,7 persen (YoY). Capaian pertumbuhan kredit tersebut salah satunya diraih dari sektor kredit bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM). Untuk itu BCA terus berkomitmen mendorong UKM agar naik kelas.
“Kami ingin UMKM ini terus tumbuh dengan cara membangun ekosistem digital,” ujar SVP Commercial & SME Business BCA Elvriawati Tumewah menjawab ipol.id dalam podcast bertema “Dukungan BCA untuk UKM Indonesia” di sela pameran Ulang Tahun 66 BCA, yang digelar di ICE BSD pada Jumat (23/02/23).
Ia menyebut BCA memiliki tiga pilar penting untuk mendorong usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar mampu adaptif dengan ekosostem digital yang kini sedang bergeliat. Hal pertama adalah mendorong kemudahan dalam transaksi pembayaran. Yang kedua adalah pembinaan dan pendampingan dengan cara menggandeng partner yang tentunya merupakan ahli atau praktisi langsung di bidang pengembangan usaha . Dan yang ketiga adalah memberikan solusi melalui pembiayaan bisnis.