Budaya pop dan media sosial memengaruhi munculnya “jet-setting”, terutama di kalangan wisatawan usia muda.
Sebanyak 75 persen responden setuju bahwa mereka terinspirasi oleh media sosial untuk bepergian ke destinasi tertentu.
Sebanyak 70 persen Gen Z dan kaum Milenial yang disurvei setuju bahwa mereka terinspirasi untuk mengunjungi suatu destinasi setelah melihatnya di acara TV, sumber berita, atau film.
Sebanyak 46 persen Gen Z dan kaum Milenial yang disurvei menyatakan bahwa mereka terinspirasi oleh Instagram untuk bepergian ke suatu destinasi.
Mulai dari mengunjungi restoran terpopuler dan tempat makan favorit penduduk lokal hingga mengikuti kelas memasak, makanan berdampak besar pada destinasi wisatawan.
Sebanyak 81 persen responden setuju bahwa mencoba makanan dan hidangan lokal adalah bagian dari liburan yang paling mereka nantikan.
Sebanyak 66 persen Gen Z dan kaum Milenial yang disurvei setuju bahwa sebagian besar inspirasi makan sambil bepergian adalah dari media sosial.
Hampir separuh (47 persen) Gen Z dan kaum Milenial yang disurvei setuju bahwa mereka merencanakan seluruh perjalanan untuk mengunjungi satu restoran tertentu