IPOL.ID – PVG (Pintar Ventura Group) telah melakukan pembaharuan pada produk aplikasi mereka yaitu Klikoo. Fitur yang paling ditonjolkan adalah Klikoo Mart. Fitur ini memenuhi kebutuhan para agen PPOB (Payment Point Online Bank) untuk mendapatkan harga dan kualitas layanan terbaik dengan menawarkan berbagai penyedia di fitur barunya.
PPOB sendiri merupakan sebuah sistem pembayaran online yang memanfaatkan fasilitas perbankan. Metode pembayaran online ini dibuat untuk memungkinkan proses pembayaran segala jenis tagihan di satu tempat saja.
Chief business development officer PVG, Januar Parlindungan dalam siaran pers yang diterima redaksi ipol.id baru-baru ini, mengatakan konsumen semakin diberikan berbagai kemudahan yang disediakan aplikasi Klikoo. Agen dapat memilih berdasarkan harga, kecepatan transaksi, dan tingkat keberhasilan untuk semua produk.
“Selain itu, mereka tidak perlu menginstal, mengisi ulang, dan beralih di antara beberapa aplikasi seperti sebelumnya.,” ujar Januar Parlindungan.
Dikatakan dia, PVG meluncurkan pembaruan besar untuk Klikoo sebagai tanggapan atas saran dan masukkan dari komunitas kami. Dengan fitur terbaru yaitu Klikoo Mart, agen tidak perlu mengunduh atau menggunakan aplikasi PPOB lainnya, mereka dapat mengakses opsi harga yang berbeda dari beberapa vendor jadi lebih efisien.
Sejak peluncuran produk klikoo pada bulan maret 2022, Aplikasinya mendapat antusias yang cukup tinggi dari para Agen. Terbukti 50 ribu agen yang telah mendaftar dan klikoo telah melayani 1,5 juta transaksi dari pelanggan.
PVG semakin giat untuk membantu UMKM di Indonesia. Dari survei yang mereka lakukan selama 11 bulan, bahwa 97 persen agen PPOB di Indonesia memasang tiga atau lebih aplikasi PPOB di perangkat mereka. Hal itu pun menjadi perhatian besar PVG menanggapi pain point dari para agen PPOB.
Pertama, para agen memiliki masalah efisiensi yaitu harus membagi modal kerjanya untuk top up beberapa aplikasi yang mereka gunakan, menyusun strategi aplikasi mana yang harus diprioritaskan dengan anggaran dan produk terbaik yang ditawarkan.
Kedua, agen rata-rata menggunakan smartphone menengah ke bawah. Dengan banyaknya aplikasi yang diinstal akan memakan banyak penyimpanan, dan memperlambat smartphone mereka, bahkan menyebabkan kesalahan dan perlu mengulang transaksinya. Akibatnya, agen kehilangan pelanggan karena perangkat yang lambat atau kesalahan transaksi.
Pembaharuan besar Klikoo semakin menguntungkan dan memberikan kemudahan untuk para agen yaitu UI dan UX telah dirubah sehingga Klikoo menjadi lebih user-friendly dan cepat dioperasikan, semakin mudah dengan integrasi Qris untuk topup saldo, dan yang menarik lainnya adalah fitur Klikoo transfer money. Proses registrasi dan verifikasi yang cepat sehingga agen dapat langsung menawarkan layanan tersebut beberapa saat setelah melewati proses verifikasi.
UMKM Indonesia membutuhkan fintech untuk memodernisasi transaksi keuangan dan melayani penduduk perdesaan. PVG yakin, Klikoo akan membantu lebih banyak mereka untuk melek digital dan meningkatkan daya saing.
Hingga saat ini Klikoo sudah membantu lebih dari 50 ribu UMKM dimana menawarkan lebih dari seribu produk digital. Klikoo Mart akan memberi mereka fleksibilitas dan keandalan yang selama ini mereka lewatkan.
Sebagai informasi PVG adalah perusahaan start-up builder di Jakarta yang fokus untuk membantu UMKM Indonesia. Tujuan utama mereka adalah untuk mempercepat ekosistem ekonomi digital Indonesia dengan menyediakan teknologi keuangan yang andal dan terjangkau untuk usaha kecil dan menengah di seluruh pelosok negeri. (timur)