IPOL.ID – Sebanyak 122 pengelola Perusahaan Otobus (PO) di Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur mendapatkan pelatihan sistem organisasi dan penjualan tiket online.
Pelatihan itu berlangsung sejak 8-11 Mei 2023. Diberikan menyusul rencana diberlakukannya layanan loket online di Terminal Kampung Rambutan pada Oktober 2023 mendatang.
Pada Terminal Kampung Rambutan bakal disiapkan 10 mesin layanan tiket mandiri atau self service, sehingga penumpang tidak lagi membeli tiket secara konvensional.
Karena selama ini calon penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan membeli tiket pada loket PO berada pada lantai bawah atau di area tunggu keberangkatan.
Kepala Unit Pengelola Terminal Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syamsul Mirwan menjelaskan, pelatihan diberikan agar para pengelola PO mampu melayani sistem penjualan tiket secara online.
“Peserta pelatihan diberikan materi tentang cara penjualan tiket online. Agar mereka tidak canggung saat diberlakukan sistem penjualan tiket online,” terang Syamsul, Senin (8/5).
Nantinya, jika sistem tiket online ini berjalan, calon penumpang dapat mengetahui jadwal pemberangkatan dan tiba bus antar kota antar provinsi (AKAP), hingga tiket pada pesawat, dan kereta api.
Sementara itu, terkait sistem pembayaran tiket yang dipesan calon penumpang di Terminal Kampung Rambutan, nantinya akan bekerja sama dengan sejumlah perbankan dalam memfasilitasi.
“Untuk mendukung penjualan online kami siapkan 32 komputer. Setiap komputer dioperasikan satu orang untuk melayani empat sampai lima PO Bus,” tutup Syamsul. (Joesvicar Iqbal)