IPOL.ID – Tetap menjangkau lokasi yang jauh dari Kantor BPJS Kesehatan Jakarta Barat, layanan Mobile Customer Service (MCS) menjemput bola hingga ke Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Cengkareng Jakarta Barat, sehingga masyarakat sekitar tetap bisa mendapatkan pelayanan administrasi terdekat.
Layanan MCS yang dimulai sejak pagi ini cukup menarik animo masyarakat untuk mengatasi kebutuhan kepesertaan Jaminan Kesehatan Masyarakat (JKN). Dengan ini, keluhan masyarakat dapat langsung teratasi dengan pelayanan yang diberikan langsung di lokasi oleh Petugas Frontliner BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat.
“Seluruh upaya terbaik tentu akan kami sajikan kepada seluruh masyarakat, terutama di wilayah Jakarta Barat untuk mendapatkan manfaat yang setara dengan masyarakat lainnya. Layanan MCS ini tidak henti-hentinya kami gencarkan, sehingga masyarakat yang jauh dari kantor cabang juga tetap dapat menerima pelayanan, hingga mereka mendapatkan kepuasan layanan yang dikerahkan dari rekan-rekan frontliner. Salah satu upaya MCS ini akan terus kami lakukan melihat antusias peserta JKN yang memang butuh untuk dilayanin dengan sistem ‘jemput bola’,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Fitria Nurlaila Pulukadang.
Dalam menanggapi kebutuhan peserta JKN yang mengunjungi pelayanan MCS, petugas BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat dengan tangan terbuka melayani dengan sepenuh hati, sehingga loyalitas peserta JKN akan tetap terjaga. Beberapa peserta membutuhkan bantuan dalam peralihan segmentasi kepesertaan, Program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab), informasi terkait penggunaak NIK sebagai identitas peserta, hingga informasi terkait kanal-kanal pelayanan tanpa tatap muka yang disediakan, seperti Care Center 165, Vika, Chika, Pandawa, hingga Mobile JKN.
“Adanya layanan seperti ini tentu saja mempermudah dan menjadi solusi bagi saya, serta masyarakat lain di daerah sekitar. Tentu saja, saya tidak perlu jauh-jauh pergi ke kantor cabang untuk mengganti segmen kepesertaan saya dari Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) menjadi Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang mana iuran saya dibantu dibayarkan oleh pemerintah, karena putusnya masa kerja saya dari perusahaan sebelumnya. Program ini tentu saya membantu saya, terutama dalam perekonomian di keluarga saya,” kata salah satu peserta JKN yang mendatangi layanan MCS, Airin.
Adanya peserta JKN yang menanyakan cara memperbarui golongan PNS diarahkan langsung untuk dapat melakukan update golongan dengan menghubungi Whatsapp Pandawa di nomor 08118165165, dengan cara memilih menu perubahan atau perbaikan data golongan dan gaji (PNS/TNl/Polri), atau dapat langsung datang ke kantor cabang membawa SK PNS dan slip gaji.
Dengan penjelasan detail petugas BPJS Kesehatan seperti ini diharapkan kedepannya masyarakat bisa mendapatkan pemahaman sepenuhnya terkait alur pelayanan yang ada.
“Kami harap, peserta JKN kedepannya sudah lebih paham terkait informasi alur layanan melalui kanal-kanal yang sudah dipaparkan langsung oleh Petugas BPJS Kesehatan tiap kali kami mengadakan layanan MCS. Kami memberi harapan besar dari manfaat diadakannya layanan MCS ini. Dengan pemahaman penuh peserta JKN, para peserta diharapkan bisa lebih bijak dalam pemanfaatan smartphone sebagai medium dalam kelancaran penyelenggaraan Program JKN sebagai program yang diinisiasikan pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia, terutama dalam kepentingan perlindungan kesehatan,” tambah Fitria.
Dari hasil kegiatan pelayanan Mobile Customer Service yang telah diselenggarakan ini jelas dapat memberikan manfaat terkait update informasi kepada peserta JKN, maupun kepada petugas di PKM. Dengan tersampaikannya informasi tersebut, kemudahan peserta JKN juga diharapkan dapat meningkatan kepuasan peserta JKN, terutama di wilayah Jakarta Barat. (ahmad)