Selain workshop, masyarakat yang mengunjungi Balkon Fest juga antusias melihat berbagai produk yang dipamerkan. Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terlihat ramai menjajakan makanan, kerajinan, perhiasan dan aksesoris, untuk memeriahkan acara Balkon Fest.
Salah satunya adalah Muhammad Saifuddin, pemilik UMKM Kupat Tahu. Saifuddin mengakui, Balkon Fest menjadi ajang yang sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM karena dapat menjadi ajang pemasaran produknya ke masyarakat. Selain menambah pangsa pasar UMKM, kegiatan ini diharapkan dapat berdampak bagi perekonomian daerah.
“Masyarakat yang datang di Balkon Fest ramai. Banyak juga yang berminat pada Kupat Tahu, yang merupakan salah satu makanan tradisional. Ini tentu menambah omset serta mengenalkan produk saya ke masyarakat. Terima kasih Pertamina untuk event ini, kami selaku UMKM sangat terbantu,” kata Saifudin.
Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.(Yudha Krastawan)