Handhika selaku Direktur Eksekutif Shopee juga mengatakan akan membuka siapapun yang ingin berkolaborasi agar UMKM lokal Indonesia semakin maju dan dikenal manca negara.
Data Kementerian Koperasi dan UKM RI pada September 2022 menyebutkan bahwa kontribusi ekspor dari UMKM hanya sebesar 15,7% dan punya potensi besar untuk ditingkatkan.
Director and Country Head Sea Group Indonesia, Kiky Hapsari menjelaskan Sea Group selaku perusahaan induk Shopee memiliki komitmen untuk mengembangkan dan memperkuat UMKM lokal.
“Sejalan dengan komitmen Sea Group, kami terus berusaha memberikan kemudahan akses melalui jaringan global dan teknologi kami, salah satunya adalah membuka akses ekspor yang membantu UMKM lokal dapat juga bersaing di panggung dunia. Tujuan dari gerakan ini adalah membuka ruang kolaborasi dengan pihak-pihak yang memiliki program penguatan untuk UMKM juga bisa memanfaatkan fasilitas yang dimiliki Shopee di 10 Kota,” ujar Kiky Hapsari, Rabu (26/7).
Bimbel Shopee Ekspor adalah program baru berupa pendampingan intensif lanjutan bagi UMKM terpilih nan telah mengikuti training di Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor.