Banyak penggemar kendaraan high performance mengeluhkan kurangnya umpan balik di belakang kemudi kendaraan EV. Oleh sebab itu, para ahli Hyundai N mengembangkan N e-shift dan N Active Sound + untuk memberikan umpan balik yang lebih kuat dan kendali IONIQ 5 N yang lebih akurat. Penekanan terhadap kendali daya membedakan pendekatan Hyundai N terhadap EV dibanding kendaraan terdahulunya.
N e-shift menirukan eight speed dual-clutch transmission (DCT) mobil internal combustion engine (ICE) Hyundai N. Selain itu, fitur ini menirukan perpindahan gigi dengan mengendalikan output torsi motor dan menirukan sentakan saat memindahkan gigi. Hasilnya, pengalaman berkendara yang benar-benar mirip dengan ICE dibanding EV terdahulu.
Berpadu dengan N e-shift, N Active Sound + meningkatkan pengalaman berkendara EV dengan menciptakan pengalaman sensorik yang menarik untuk para pengemudi. Fitur ini memadukan sistem 10-speaker (8 internal dan 2 eksternal) yang menawarkan tiga tema suara khas. Suara “Ignition” menirukan suara mesin 2.0T Hyundai N, suara “Evolution” menirukan suara mobil high-performance RN22e, dan suara “Supersonic” menirukan suara yang terinspirasi mesin jet twin-engine dengan variasi volume saat cornering. Tujuan N Active Sound + adalah memberikan pengemudi referensi akustik untuk mengukur penggunaan daya.