Apabila rumah sakit di Indonesia mampu memberikan mutu pelayanan yang memuaskan terhadap pasien, maka hal tersebut akan dapat mengurangi masyarakat Indonesia berobat ke luar negeri.
“Apabila mutu pelayanan kesehatan dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan, bukan tidak mungkin 5 tahun yang akan datang masyarakat luar negeri, terutama negara-negara di ASEAN akan berobat ke Indonesia. Jika ini terealiasi maka bonus demografi indonesia akan mendapatkakan lapangan kerja,” ujar Jisman M. Lubis yang saat ini menyelesaikan program doktoral (S3) di Universitas Brawijaya.
“Inilah yang perlu dan absolut melakukan pembenahan di rumah sakit terutama di dalam pelayanan, yakni attitude (sikap perilaku) merupakan hal yang penting. Selain itu, kejujuran dari pada para semua stakeholder di industri kesehatan itu harus menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance),” demikian dikatakan Jisman M Lubis yang merupakan Mantan SVP di Bank BUMN ini dan saat ini menjabat sebagai direktur di salah satu perusahaan di bawah pengawasan OJK.