IPOL.ID – Para calon penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) kini dimudahkan dalam hal pemesanan tiket melalui online. Di Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, resmi memberlakukan penjualan tiket secara daring tersebut.
Loket tiket perusahaan otobus yang sebelumnya berada di lantai dasar kini sudah dialihkan ke lantai dua gedung Terminal Kampung Rambutan.
Sedangkan lantai dasar yang sebelumnya digunakan untuk loket PO AKAP dan ruang tunggu, kini sepenuhnya digunakan untuk menjadi ruang tunggu keberangkatan calon penumpang bus AKAP.
Kepala UPT Terminal Dinas Perhubungan DKI, Syamsul Mirwan menjelaskan, pemberlakuan penjualan tiket secara online atau e-ticketing itu sebagai bentuk modernisasi terminal.
“Saat ini proses payment gateway sedang dirumuskan Kemenhub sebagai pengelola sistem e-ticketing,” kata Syamsul dikonfirmasi awak media di Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (15/9).
Kemudian pada lantai dua Terminal Kampung Rambutan sudah disediakan puluhan komputer yang dapat digunakan para PO untuk melayani pembelian tiket, dan mesin tiket self service.
Pemberlakuan sistem e-ticketing ini diharapkan dapat mempermudah para calon penumpang bus AKAP. Karena mereka dapat mengetahui jadwal dan harga tiket secara online.
“Diharapkan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Terminal Kampung Rambutan dapat memberikan layanan optimal. Khususnya layanan AKAP yang sudah terintegrasi dengan Stasiun LRT,” terang Syamsul.
Sementara, Kepala Terminal Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni mengatakan, tapi sebelum sistem e-ticketing itu diberlakukan. Petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah lebih dulu memberikan pelatihan ke para pegawai PO AKAP di Terminal Kampung Rambutan.
Penjualan tiket secara online merupakan hasil kerjasama pihaknya dengan Ministry Of Land, Infrastucture and Transportation of South Korea (MOLIT) dengan Kementerian Perhubungan.
“Kami berharap, ke depan ada fasilitas tambahan agar sistem yang ada bisa sinkron untuk memfasilitasi penumpang di terminal ini,” pungkas dia. (Joesvicar Iqbal)