IPOL.ID – PT Pegadaian menggelar roadshow “The Gade Sociopreneurship Challenge (TGSC) Goes to Campus 2023” di 10 perguruan tinggi ternama di Indonesia. Kampus terpilih diantaranya : Universitas Negeri Jakarta, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjadjaran, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sumatera Utara, Universitas Mulawarman, dan Universitas Andalas.
Kegiatan TGSC Goes to Campus ini dilakukan untuk mendorong mahasiswa menjadi sociopreneur yang memberikan solusi permasalahan sosial di lingkungannya sekaligus memberikan kemanfaatan bagi masyarakat. Kegiatan diisi seminar nara sumber dari Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI), Praktisi Sociopreneur setempat, dan nara sumber PT Pegadaian.
Di Medan, kegiatan dilaksanakan di The Gade Creative Longue Universitas Sumatera Utara (TGCL-USU) pada hari Rabu (28/10). Tampil sebagai nara sumber Anggota IAEI Bidang Kewirausahaan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Cut Erika Ananda Fatimah serta CEO Food Bank Aksata Pangan, Siti Suci Larasati. Tampil pula Deputi Bisnis PT Pegadaian Area Medan 1, Anwar Hidayat.
Deputi Operasional PT Pegadaian Sumatera Bagian Utara Basuki Tri Andayani dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan bahwa mahasiswa merupakan pemiimpin masa depan yang harus disiapkan menyambut Indonesia Emas 2045.
“Kegiatan TGSC ini merupakan ikhtiar dari PT Pegadaian untuk melahirkan embrio sociopreneur sejak dari kampus. Kami berharap, para mahasiswa terpicu dan terpacu untuk berperan aktif melakukan perubahan sosial yang positif dan berkelanjutan. Melalui ajang ini diharapkan tercipta bisnis yang tidak hanya fokus mencari keuntungan tetapi juga memberikan dampak sosial bagi masyarakat. Tidak hanya economic value tetapi juga social value”.
The Gade Sociopreneurship Challenge (TGSC) merupakan ajang kompetisi kewirausahaan sosial antar mahasiswa yang diinisiasi oleh PT Pegadaian. Untuk menyukseskan ajang ini Pegadaian menggandeng Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) sebagai mitra yang bekerja sama dalam penyelenggaraan kegiatan.
“Ini merupakan tahun kedua TGSC diselenggarakan. Sebelumnya kegiatan diikuti oleh lebih dari 780 peserta dari 67 perguruan tinggi di Indonesia. Melalui roadshow yang diselenggarakan ini diharapkan informasi dapat tersebar lebih luas sehingga lebih banyak lagi mahasiswa yang berpartisipasi. Bagi para mahasiswa yang tidak mengikuti roadshow dapat mengakses akun instagram: @tgschallenge tiktok: @tgschallenge atau website: gadesociopreneur.id agar mendapatkan informasi terkini mengenai kegiatan TGSC 2023,” jelas Basuki. (ahmad)