“Inilah momentum kebangkitan pariwisata, di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 Tujuan program ini agar menjadi daya bangkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi, untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Serta mendorong daerah untuk dapat menciptakan desa wisata baru selanjutnya di wilayahnya, yang dapat membangkitkan ekonomi desa,” katanya.
Selain itu, katanya, dapat menjaring database desa wisata baru dari pendaftaran di website jejaring desa wisata (Jadesta) yang merupakan website resmi yang dikembangkan oleh Kemenparekraf.
“Setelah sukses di tahun 2021 dengan 1831 peserta, meningkat tajam di 2022 dengan 3419 desa wisata. Kini di 2023, ADWI meningkat tajam hingga peserta menyentuh angka 4573 desa wisata yang ada di seluruh Indonesia, dari target yang Menteri canangkan 4.000 desa wisata,” tuturnya.
Antusiasme ribuan desa wisata tersebut diharapkan mempermudah pengembangan desa wisata di Indonesia kedepannya.
“Tentunya sinergi diperlukan. Oleh karena itu, Kemenparekraf melibatkan mitra strategis guna berkolaborasi pengembangan desa wisata,” pungkasnya.