IPOL.ID – PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta, sebelumnya telah mengumumkan penetapan masa angkutan natal 2023 dan tahun baru 2024 (nataru), yaitu pada tanggal 21 Desember 2023 sampai dengan 7 Januari 2024 atau selama 18 hari.
Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko menuturkan bahwa untuk pelayanan ticketing sudah diumumkan sejak H-45 hari sebelum jadwal keberangkatan KA yaitu telah dilayani mulai 6 November 2023 untuk jadwal keberangkatan tanggal 21 Desember 2023 dan seterusnya.
Sampai dengan saat ini Kamis (14/12) update pantauan layanan tickeng melalui Acces By KAI di masa nataru (18 hari), pada pukul 10.00 WIB bahwa ada sekitar 1.305 KA atau 73 KA perharinya termasuk KA tambahan.
“Kemudian untuk kapasitas seat KA jarak jauh baik reguler maupun KA tambahan telah disediakan sekitar 741.552 atau 41.589 seat per harinya. kemudian untuk seat yang telah terjual kurang lebih sebanyak 289.936 atau 25.592 seat per harinya, jika diprosentase antara ketersediaan seat dengan seat yang telah terjual rata per harinya sekitar 61 persen,” tutur Ixfan”.
Ixfan menambahkan, untuk masa nataru 2019/2020 jumlah KA yg dijalankan sebanyak 2.142, kemudian untuk nataru 2022/2023 jumlah KA yang dijalankan 1.390, sedangkan nataru tahun ini 2023/2024 jumlah KA yang dijalankan sebanyak 1.470.
“Maka jika dibandingkan periode sebelumnya atau nataru tahu 2019/2020 dengan 2023/2024 berbeda 69 persen atau lebih banyak jumlah KA yg dijalankan pada nataru periode tahun 2019/2020, namun jika nataru periode 2022/2023 dibandingkan dengan nataru periode 2023/2024 berbeda 6 persen lebih banyak pada nataru tahun ini,” tambahnya.
Pihaknya mengimbau kepada para pelanggan KA, yang nantinya akan bepergian untuk tidak membawa barang bawan yang berlebih, tidak membawa barang bawaan yang dilarang dalam perjalanan seperti senjata tajam, senjata api, barang berbau menyengat, dan tidak memakai perhiasan yang berlebihan guna keselamatan diri sendiri.
“Untuk informasi lebih lanjut tentang pelayanan ticketing dan jadwal perjalanan pelanggan bisa menghubungi CC121, Web resmi KAI, aplikasi acces by KAI, dan chanel2 resmi yg bekerja sama dengan PT KAI (persero),” pungkas Ixfan. (Irma)