IPOL.ID – Twilio berbagi pandangan terkait sejumlah tren yang diperkirakan akan memengaruhi strategi brand-brand Indonesia dalam mengelola data dan interaksi dengan pelanggan di tahun 2024.
Fokus pada peningkatan literasi data bagi karyawan dan edukasi tentang privasi data konsumen, penerapan satu strategi data untuk seluruh lini organisasi, serta pendekatan baru seperti minimalisasi data merupakan sejumlah tren yang menjadi perhatian Twilio.
Di kawasan Asia Pasifik, literasi data di kalangan karyawan dan edukasi privasi data konsumen akan menjadi landasan yang menentukan arah perkembangan bisnis yang semakin mengandalkan data.
Privasi data dan kepatuhan akan menjadi tanggung jawab bersama oleh seluruh divisi dan tim dalam organisasi bisnis, sejalan dengan perkembangan regulasi yang mewajibkan perusahaan yang memanfaatkan data untuk memastikan keseimbangan antara strategi berbasis data dan pertimbangan-pertimbangan etis.
Penerapan UU Perlindungan Data Pribadi akan mendorong peningkatan transparansi terkait pengumpulan, penggunaan, dan berbagi data, dan secara umum akan mensyaratkan pelaku usaha di Indonesia untuk menjadi lebih bertanggung jawab.