IPOL.ID – Masyarakat dunia memiliki keinginan kuat untung melancong sendiri. Selain itu perjalanan ekspedisi dengan tantangan besar juga menjadi pilihan para travelers pada tahun ini. Demikian hasil survei yang dilakukan oleh Perusahaan Pembayaran kartu kredit American Express Travel®.
Dalam merilis Laporan Tren Perjalanan Global Tahun 2024 baru-baru ini, American Express menyoroti inspirasi dan tren yang mendorong pemesanan perjalanan global pada tahun ini.
Laporan yang bersumber dari data survei para pelancong di Amerika Serikat, Australia, Kanada, India, Jepang, Meksiko, dan Inggris Raya ini menemukan fakta bahwa 84 persen responden berencana menghabiskan lebih banyak uang untuk melancong pada tahun 2024 dibandingkan dengan tahun lalu. Selain itu, 77 persen responden lebih mementingkan pengalaman perjalanan daripada biaya yang harus dikeluarkan selama perjalanan.
Setidaknya ada empat tren yang mendorong keputusan para pelancong dalam melakukan perjalanan. Yakni;
- Demi menonton pertandingan olahraga. Para penggemar olahraga merencanakan perjalanan keliling dunia berkaitan dengan olahraga favorit mereka, tim kesayangan mereka, atau kompetisi olahraga multicabang internasional.
- Mencari Sesuatu yang Besar. Petualangan besar bergaya ekspedisi, seperti perjalanan ke Kepulauan Galapagos atau trekking bersama gorila, menyajikan pengalaman sangat berbeda yang dicari oleh para pelancong
- Perjalanan Solo: Pelancong melakukan perjalanan sendiri karena memberikan kemudahan perencanaan dan kemampuan untuk menyesuaikan rencana perjalanan yang paling pas
- Wisata spontan.: Dengan makin padatnya dan terjadwalnya rutinitas sehari-hari, orang-orang mencari fleksibilitas dalam rencana perjalanan mereka dan mencari celah untuk perjalanan spontan.
“Para pelancong berfokus pada menciptakan kenangan dan rencana perjalanan yang tepat, baik itu artinya mereka harus memesan perjalanan untuk melihat tim olahraga favorit mereka bertanding maupun mengikuti pelayaran ekspedisi sekali seumur hidup,” kata Audrey Hendley, Presiden American Express Travel.
Ia melanjutkan, Laporan Tren Perjalanan Global menyoroti apa yang mendorong pemesanan perjalanan global dan memberikan inspirasi untuk tujuan berikutnya.
Rincian dari hasil survei tersebut adalah
- Keinginan untuk melihat acara olahraga secara langsung serta menonton tim favorit dan pemain kesayangan secara tatap muka mendorong tempat tujuan para pelancong dan apa yang akan mereka lakukan jika sudah sampai di sana.
o Sebanyak 67 persen responden Milenial dan Gen Z2 (dibandingkan dengan 58 persen dari seluruh responden) tertarik melakukan perjalanan untuk acara olahraga pada tahun 2024
o Sebanyak 58 persen responden yang melakukan perjalanan untuk olahraga pada tahun 2024 akan melakukan hal yang sama untuk sepakbola, bola basket, atau balapan Formula 1
o New York, Miami, dan Paris menjadi tujuan teratas yang direncanakan oleh para responden untuk acara olahraga pada musim panas ini
- Perjalanan sekali seumur hidup yang lain daripada yang lain, seperti mengunjungi Kepulauan Galapagos dan hiking di Antarktika, berada di urutan teratas daftar keinginan pelancong, dan pelancong muda menginginkan seorang ahli untuk membantu mereka membuat rencana.
o Sebanyak 65 persen responden lebih tertarik melakukan perjalanan besar pada tahun 2024 dibanding tahun sebelumnya.
o Sebanyak 72 persen responden lebih memilih menghemat uang demi sebuah perjalanan besar daripada menghabiskannya untuk menongkrong bersama teman-teman; dan lebih dari separuh responden berencana untuk berhemat antara 6 bulan hingga 2 tahun demi melakukan perjalanan besar
o Sebanyak 58 persen responden Milenial dan Gen Z ingin agen perjalanan atau penasihat tepercaya dalam membantu mereka memesan perjalanan besar tahun ini
o Sebanyak 55 persen responden yang merencanakan perjalanan besar akan mempertimbangkan kunjungan ke beberapa negara di satu wilayah
- Kemudahan perencanaan serta kemampuan untuk membuat rencana perjalanan yang sempurna dan sesuai keinginan mendorong orang-orang untuk melakukan perjalanan sendiri, khususnya pelancong muda.
o Sebanyak 76 persen responden Milenial dan Gen Z (dibandingkan dengan 69 persen dari seluruh responden) menyatakan mereka berencana melakukan perjalanan solo pada tahun 2024
o Sebanyak 74 persen responden pria dan 63persen responden wanita menyatakan mereka berencana melakukan perjalanan solo pada tahun 2024
o Sebanyak 66 persen responden yang berencana melancong sendiri merencanakan perjalanan yang dirancang khusus untuk memanjakan diri mereka sendiri
o Sebanyak 60 persen responden yang berencana melancong sendiri tahun ini ingin melakukan perjalanan solo dua atau beberapa kali lagi
- Para pelancong kini cenderung memilih rencana perjalanan yang fleksibel sehingga memberi mereka kebebasan untuk bertindak spontan dan merasakan budaya lokal saat melakukan perjalanan.
o Sebanyak 78 persen responden menyatakan bahwa perjalanan spontan menarik bagi mereka
o Sebanyak 77 persen Milenial dan Gen Z memesan perjalanan pada saat-saat terakhir, dibandingkan 65 persen Gen X3, dan 52persen Baby Boomers4
o Sebanyak 68 persen responden setuju bahwa mereka ingin menghabiskan waktu yang tidak terencana selama perjalanan mereka untuk merasakan budaya dan kegiatan setempat
o Sebanyak 57 persen responden lebih suka melakukan pemesanan pada saat-saat terakhir untuk liburan ke tempat wisata di sekitar dibandingkan tempat yang jauh.
Sebagai informasi, American Express adalah perusahaan pembayaran yang terintegrasi secara global yang menyajikan akses ke produk, wawasan, serta pengalaman kepada pengguna yang memperkaya kehidupan dan membangun kesuksesan bisnis.
Metodologi Survei yang dilakukan adalah dengan jajak pendapat yang dilaksanakan pada 31 January–8 February 2024 dengan sampel 2.005 Orang Dewasa AS, 1.007 Orang Dewasa Australia, 1.002 Orang Dewasa Kanada, 1.002 Orang Dewasa Inggris Raya, 1.002 Orang Dewasa Jepang, 1.006 Orang Dewasa Meksiko, dan 1.005 Orang Dewasa India dengan penghasilan USD50 ribu plus pertahun atau setara. Wawancara dilakukan secara daring dengan margin of error kurang lebih 2–4 persen. (tim)