IPOL.ID – Digitalisasi Perbankan mudahkan masyarakat melakukan transaksi. Digitalisasi itu bukan hanya untuk masa depan, tetapi juga masa kini.
Communications and Daya Head Bank BTPN Andrie Darusman saat berbincang dengan pewarta di Medan, Rabu (10/7/24) menyatakan, digitalisasi perbankan penting dan baik untuk saat ini maupun masa depan, terutama agar masyarakat semakin mudah dalam melakukan transaksi. “Digitalisasi itu bukan hanya untuk masa depan, tetapi juga masa kini,” ujarnya.
Andrie menyebut, dengan digitalisasi, masyarakat dapat memanfaatkan layanan perbankan tanpa harus datang ke bank, misalnya membuka rekening baru.
BTPN, lanjutnya, terus mengembangkan layanan digitalisasi tersebut, salah satunya melalui aplikasi “Jenius”. Dengan itu, nasabah dapat bertransaksi, menabung dan mengendalikan keuangannya sendiri.
Menurut Andrie, aplikasi perbankan yang diluncurkan pada tahun 2016 itu digunakan nyaris semua lapisan usia.
Di Medan, misalnya, BTPN mencatat pengguna Jenius mayoritas atau 51 persen merupakan nasabah berusia 21-30 tahun dan 17 persennya berumur lebih dari 40 tahun. “Pemahaman terhadap dunia digital dan internet semakin luas, tidak terbatas usia,” kata Andrie.