IPOL.ID – Air minum dalam kemasan asli milik Indonesia, Le Minerale, kini menjadi pilihan utama masyarakat di tengah maraknya gerakan boikot terhadap produk multinasional yang diduga terafiliasi dengan Israel. Hal ini berdasarkan survei terbaru dari GoodStats.
Dari hasil survei ini, Le Minerale berhasil menjadi alternatif pengganti utama dengan pencapaian pilihan sebesar 47,4% dan menyusul selanjutnya secara berurutan adalah brand Cystaline, Pristine, Cleo, Club, Prima dan Amidis.
Tampaknya, aksi ini serta merta membuat konsumen beralih ke produk-produk nasional. Sementara Le Minerale menjadi simbol keunggulan produk lokal di pasar domestik yang dianggap mampu bersaing dan menggantikan produk market leader sebelumnya yang telah lama menjadi top of mind di industri air minum dalam kemasan.
GoodStats, sebuah lembaga riset berbasis di Jakarta menggelar survei bertajuk “Sikap dan Perilaku Masyarakat Terhadap Aksi Boikot Produk Terafiliasi Israel” dengan 1.000 responden online kurun 15-28 Juli 2024. Hasilnya, menunjukkan bahwa sebanyak 70,2% responden mendukung gerakan boikot terhadap produk yang terafiliasi dengan Israel. Dari produk-produk yang diboikot, sebanyak 81,5% adalah produk makanan dan minuman.