Dalam hal pelatihan-pelatihan, Kemkomdigi berkomitmen untuk mendukung pelatihan digitalisasi khusus dari segi pemasaran.
Sementara terkait dengan pendampingan, Kemkomdigi menjanjikan pendampingan agar para pelaku UMKM dapat terhubung ke industri yang sesuai dengan produk-produk yang dibuatnya.
Terkait pendampingan dan pelatihan, hal itu sejalan dengan permintaan salah satu anggota komunitas Kampoeng Cyber bernama Sherli (43) saat berbagi cerita dengan Menkomdigi.
Ia menginginkan lebih banyak pelatihan khususnya dalam hal pemasaran digital untuk membuat produknya dikenal di pasar yang lebih luas.
“Saya suka di Yogya ini pelatihan-pelatihan banyak, untuk membuka peluang usaha, apalagi untuk orang-orang yang mau itu ada kesempatan. Tapi saya sebagai pelaku UMKM harapannya dibantu semuanya dalam hal pemasaran. Soalnya kita bisa bikin produk tapi untuk memasarkannya kita sebatas masih main WA group gitu bu,” kata Sherli.
Dalam hal bantuan dana, untuk para pelaku UMKM yang hadir dalam pertemuan bersama Menkomdigi nantinya mereka akan memperoleh dana sebesar Rp 600 ribu sebagai modal kecil yang dapat digunakan untuk usaha mereka. (*)