Shelvy menambahkan bahwa antrean kendaraan saat arus mudik dan balik Lebaran tetap berpotensi terjadi. “Kami terus mengingatkan kepada seluruh pengguna jasa untuk merencanakan perjalanan dengan baik dan membeli tiket sejak jauh hari agar dapat menghindari antrean panjang di pelabuhan. Pengalaman angkutan Lebaran tahun lalu, 82 persen pengguna jasa tidak check in sesuai waktunya, lalu sekitar 85-90 persen pengguna jasa melakukan pembelian tiket yang mepet waktu keberangkatan. Bahkan, masih ada pengguna jasa yang memaksa untuk menyeberang dalam kondisi tiket telah terjual habis,” tuturnya menjelaskan
Wajib Beli Tiket Daring
Kini, tiket ferry tidak lagi dijual di pelabuhan. Pengguna jasa wajib membeli tiket secara daring melalui aplikasi atau website Ferizy yang telah diterapkan sejak beberapa tahun terakhir. Tiket dapat dibeli mulai H-60 sebelum perjalanan dan paling lambat H-1 sebelum keberangkatan. Dengan sistem ini, diharapkan masyarakat dapat lebih terencana dalam perjalanan mereka dan tidak perlu khawatir akan kehabisan tiket di hari keberangkatan.