Fenomena ketidak-mauan berpikir ini perlu menjadi perhatian dosen di setiap kelas ketika mengajar. Meskipun menggunakan bantuan sistem jaringan dan teknologi, dimana mahasiswa diajak berselancar di ruang virtual, tetapi dosen harus dapat menciptakan dan membangun mahasiswa untuk tetap berpikir dan berpikir yang lebih berkualitas.
Mahasiswa harus diajak berpikir dan menganalisa apa yang mereka lihat, mereka dengar, dan mereka inginkan. Dosen harus mendorong mahasiswa untuk mengasah kemampuan mulai dari menganalisis, dilanjutkan dengan mengevaluasi, dan terakhir adalah mencipta sebagai tahap dalam proses pembelajaran yang berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTs).
Berpikir tingkat tinggi memerlukan usaha dan upaya pendidik untuk membentuk tahap-tahap tertentu sehingga mahasiswa sampai pada tahap berpikir tingkat tinggi. Berpikir tingkat tinggi dapat diciptakan dengan catatan pendidik juga harus memiliki wawasan pengetahuan yang luas dan keterampilan untuk mengaplikasikan berpikir tingkat tinggi.