IPOL.ID- Ramadan 1446 Hijriah diprediksi menjadi pendorong peningkatan konsumsi rumah tangga. Perlu diwaspadai adanya oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkan momentum tersebut untuk melakukan upaya penipuan demi mencari keuntungan.
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperkirakan bahwa bakal ada kenaikan upaya penipuan online saat Ramadan, terutama menjelang Idulfitri 1446 Hijriah.
Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Friderica Widyasari Dewi mengungkapkan bahwa menurut data layanan pengaduan konsumen, terdapat 1.512 pengaduan terkait social engineering pada pekan ketiga dan keempat Februari 2025.
Angka tersebut meningkat sekitar 46% jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu 1.033 pengaduan.
“Mengantisipasi hal itu, PT Pembiayaan Digital Indonesia (AdaKami), platform fintech lending terdepan dari sisi teknologi di Indonesia mengajak masyarakat terus memperkuat pengamanan data pribadi agar tidak menjadi korban kejahatan digital,” kata Friderica Widyasari di Jakarta, pada Senin (24/3/2025).