IPOL.ID – Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni P. Joewono meluncurkan Gerakan Bersama Edukasi Pelindungan Konsumen (GEBER PK) tematik Ramadan 2025 yang diresmikan kemarin (5/03/2025) di Jakarta. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat edukasi Pelindungan Konsumen dalam mengantisipasi risiko fraud dan penipuan dalam transaksi keuangan digital.
Hal ini penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan transaksi, khususnya selama bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri, yang menjadi momen meningkatnya kegiatan ekonomi, termasuk transaksi sistem pembayaran.
Dalam kesempatan tersebut, Deputi Gubernur BI, Doni P. Joewono menyampaikan, tiga inovasi yang BI lakukan untuk mendukung penguatan pelindungan konsumen nasional. Pertama, dalam upaya menjaga dan melindungi masyarakat, GEBER PK dilakukan dengan lebih masif dan terkoordinasi.
Kedua, peluncuran Web Portal Pengaduan Konsumen Bank Indonesia (Web PKBI). Web Portal ini memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan menyampaikan pengaduan konsumen ke Bank Indonesia terkait sistem pembayaran, kegiatan layanan uang serta Pasar Uang dan Pasar Valuta Asing. Melalui platform ini, konsumen dapat memantau progres penyelesaian pengaduan dan berkomunikasi langsung dengan Penyelenggara.