IPOL.ID – Ramadan dan Idulfitri (RAFI) menjadi momen yang penuh dengan kebersamaan bagi seluruh masyarakat. Terlebih, masyarakat saat ini dapat melakukan berbagai transaksi secara digital dengan mudah.
Namun, di balik mudahnya transaksi digital ini, ancaman kejahatan siber juga meningkat. Dalam rangka memperkuat implementasi Environmental, Social, and Governance (ESG) serta menjaga keamanan transaksi digital selama periode RAFI 2025, PT Finnet Indonesia (Finnet), anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) yang bergerak di bidang penyelenggaraan sistem pembayaran digital di Indonesia, telah mengoptimalkan Fraud Detection System (FDS) sebagai langkah untuk memastikan keamanan data pelanggan dan memberikan pengalaman transaksi yang aman serta bebas dari potensi kejahatan siber.
Lonjakan transaksi pada periode RAFI kerap menjadi kesempatan bagi pelaku kejahatan siber melakukan berbagai modus penipuan, mulai dari phishing, transaksi mencurigakan, hingga penyalahgunaan data pribadi. Finnet, sebagai penyedia layanan payment gateway terbaik, memahami bahwa periode RAFI menjadi momen krusial dengan lonjakan transaksi yang signifikan, baik melalui e-commerce, perbankan digital, maupun layanan keuangan lainnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Finnet telah memperkuat sistem FDS yang dilengkapi dengan real time monitoring, FinpayCare 24/7, dan pemanfaatan Machine Learning (AI-bot) guna memastikan setiap transaksi masyarakat, pelanggan, dan para mitra bisnis tetap aman, nyaman, dan terlindungi.