“Memang tidak mudah untuk mengalihkan pasar ekspor, namun hal ini dapat dicapai jika eksportir mampu mengidentifikasi buyer yang kredibel serta memiliki akses pasar yang tepat. Selama kualitas produk terus dijaga, maka loyalitas buyer akan tumbuh dan mendorong terjadinya repeat
order secara berkelanjutan,” katanya.
Kegiatan LPEI Export Forum (LEF) merupakan upaya konkret Indonesia Eximbank yang akan terekspos langsung oleh kebijakan tarif resiprokal Amerika Serikat. Sementara itu, dampak tidak langsung akan dirasakan melalui rivalitas yang tinggi akibat pengalihan ekspor dan rantai pasok dari Tiongkok ke negara-negara lain, termasuk Indonesia.
Meskipun demikian, Indonesia tetap optimis menatap prospek ekspor jangka menengah dan panjang. Di tengah tensi perdagangan global yang belum sepenuhnya mereda, kewaspadaan terhadap kebijakan tarif dan proteksionisme tetap diperlukan. Namun, peluang pasar baru melalui skema kerja sama internasional dan perluasan akses ke negara mitra dagang non-tradisional menjadi ruang tumbuh yang perlu dimaksimalkan oleh pelaku ekspor nasional.