IPOL.ID – Pada pertengahan tahun 2021, Instagram mengenalkan interface atau API beta baru kepada publik melalui Qontak sebagai mitra Messenger API.
Instagram API dirancang khusus untuk membantu bisnis mengelola pesan masuk (DM) di Instagram mereka dan mengintegrasikannya dengan sistem bisnis lain.
Bisnis dapat menggunakannya melalui platform digital seperti Omnichannel Qontak (Qontak.com).
Selain dapat diintegrasikan, sistem Omnichannel ini didukung fitur tambahan yang memudahkan bisnis mengelola Customer Service dan penjualan.
Misalnya seperti, multi user dan multi device, alokasi agen, Chatbot, manajemen tiket, dan laporan percakapan.
“Kolaborasi Instagram API beta baru akan mempercepat adopsi teknologi dari UKM hingga perusahaan, sehingga memudahkan bisnis berkembang bahkan saat PPKM diperketat,” terang CEO Qontak Brendan R dalam keterangan resminya kepada indoposonline (IPOL.ID).
Peluncuran Instagram API bersama Qontak, yang membantu lebih dari 1000 bisnis dari berbagai macam bidang di Indonesia, bertujuan untuk memberdayakan bisnis secara digital. Para klien, pebisnis, brand, dan mitra akan dapat menjawab pertanyaan, pemesanan, penjualan produk, atau keperluan lainnya yang muncul dari berbagai saluran, salah satunya Instagram.