IPOL. ID – Setelah menghadirkan layanan vending machine di 10 pelabuhan keberangkatan, PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) kini tengah menyiapkan inovasi lain berupa layanan aplikasi guna memudahkan pelanggan kapal dalam melakukan pemesanan permakanan selama pelayaran berlangsung.
Tak hanya itu, PELNI juga tengah mengembangkan sistem untuk mengintegrasikan tiket kapal dengan sarana transportasi lainnya ketika penumpang kapal PELNI tiba di pelabuhan tujuan.
“Inovasi pelayanan ini hadir untuk semakin memudahkan dan memberikan kenyamanan kepada seluruh pelanggan kapal PELNI,” terang VP Pemasaran Angkutan Penumpang PT PELNI Sukendra dalam siaran persnya, Senin (6/9).
Lebih lanjut Sukendra menjelaskan, sejauh ini PELNI telah menerapkan sistem e-ticketing dan kini tengah mengembangkan sistem barcode pada tiket kapal. “Kedepannya, penumpang cukup menunjukkan barcode tiketnya melalui handphone masing-masing sehingga potensi tiket hilang ataupun tiket rusak bisa dihindari,” ungkap dia.
Pelayanan kepada pelanggan juga diwujudkan melalui beberapa fasilitas seperti dapur PELNI, ruang gym, area jogging, mushala. Selain itu juga tersedia beberapa ruangan yang dapat dipergunakan sebagai lokasi MICE (Meeting, Incentives, Conference, and Exhibitions).
Peringatan HPN
Sementara dalam menyambut Hari Pelanggan Nasional (HPN) yang jatuh pada 4 September 2021, PELNI memberikan pengalaman pelayaran rasa kelas satu bagi penumpang yang beruntung. Pelanggan yang terpilih mendapatkan pengalaman berlayar menggunakan fasilitas kelas satu pada pelayaran KM Kelud, Jumat (3/9) lalu, dengan rute Jakarta hingga Medan.
Sukendra menjelaskan ini merupakan wujud apresiasi perusahaan kepada para pelanggan yang menjadikan kapal PELNI sebagai sarana transportasi utama. “Di perayaan HPN tahun ini, beberapa pelanggan yang beruntung kami berikan tambahan pelayanan dari kelas ekonomi menjadi kelas satu. Mudah-mudahan ini menjadi pengalaman berlayar yang berkesan dan tidak dilupakan,” terang Sukendra.
Selain itu, para pelanggan terpilih juga berkesempatan untuk mengenal lebih dekat dengan fasilitas-fasilitas keselamatan yang dimiliki kapal PELNI. “Melengkapi pelayanan yang diberikan, kami memberikan fasilitas tour on board dengan mengunjungi area khusus yang hanya bisa diakses oleh kru kapal. Termasuk mengenalkan alat-alat navigasi dan keselamatan kapal. Informasi ini diharapkan menambah kepercayaan pelanggan berlayar bersama Kapal PELNI,” terangnya. (rob)